45 Ton Sampah dalam Sehari

Sumber:Kompas - 13 Juli 2007
Kategori:Sampah Jakarta
Mau tahu berapa banyak sampah dihasilkan pengunjung Pekan Raya Jakarta 2007 setiap hari? Beratnya 44,8 ton sampah yang dibungkus 2.240 kantong plastik besar. Angka itu adalah angka minimal.

Syafrudin (34), mandor urusan sampah, yang ditemui di sela-sela kerjanya di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) pada Kamis (12/7) malam, menjelaskan, satu gerobak bisa memuat sampah sebanyak 15-35 kantong plastik besar. Setiap hari Jumat sampai Minggu, 10 gerobak dan 16 petugas beroperasi penuh. Tiap-tiap gerobak dilayani dua petugas. Setiap pasang petugas dapat sampai sembilan kali mengangkut sampah.

"Kalau hari biasa kami hanya mempekerjakan 14 orang mulai pukul 15.00-23.00. Kalau hari Jumat sampai dengan Minggu kami mempekerjakan 16-17 petugas lulusan SMA," papar Syafrudin.

Menurut petugas pembersih sampah, Sahril (20) dan Basuki (19), upah mereka setiap hari Rp 40.000 sudah termasuk uang makan. "Ya sebenarnya sih capek juga bekerja begini setiap hari empat jam. Tetapi mau apa lagi, yang ada cuma pekerjaan ini," kata Sahril.

Syafrudin yang sudah bekerja menggeluti urusan sampah publik sejak tujuh tahun lalu merasa bangga melihat pengunjung pekan raya sudah tertib membuang sampah. "Ternyata warga Jakarta bisa bersih dan tertib. Saya amati, dari 100 pengunjung, yang membuang sampah sembarangan paling satu sampai dua orang. Mungkin karena di areal ini banyak tempat sampah, ya," tuturnya.

Seperti kebanyakan orang, sebelumnya ia menduga warga Jakarta sulit tertib karena sudah terbiasa membuang sampah sembarangan. Warga yang sudah bisa tertib membuang sampah dalam jumlah terbatas.

"Dulu saya mengira kelompok menengah ke atas terdidik saja atau warga kita yang sudah lama bekerja dengan orang asing saja yang punya kesadaran tinggi membuang sampah pada tempatnya," lanjutnya.

Maklum, Syafrudin baru kali ini bekerja di areal publik yang lebih terbuka. Sebelumnya, ia banyak bekerja untuk kebersihan hotel dan convention hall.

Syafrudin kemudian mengajak melihat lantai luar ruang di sekitarnya. Kebetulan pada Kamis malam itu memang jumlah pengunjung lumayan padat. "Saya bangga, meski sepadat ini pengunjungnya, kawasan masih tetap terjaga bersih," katanya.

Syafrudin menduga, kalau memiliki tong sampah lebih banyak, Ibu Kota ini bisa jauh lebih bersih karena sebenarnya warga sudah sadar akan kebersihan. Jumlah tong sampah di areal PRJ kali ini memang banyak. Setiap 10-20 meter terdapat tong sampah.(windoro adi)



Post Date : 13 Juli 2007