UNS Solo kembangkan sistem penyediaan air minum mandiri

Sumber:merdeka.com - 19 Mei 2014
Kategori:Air Minum
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, mengembangkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) mandiri. Pengembangan tersebut memanfaatkan danau yang ada di sekitar kampus, yang selama ini airnya hanya terbuang langsung ke Sungai Bengawan Solo.

"Kami memiliki danau yang selama ini airnya hanya terbuang. Dengan menggunakan sistem SPAM, kami akan bisa memanfaatkan potensi secara optimal," Dekan Fakultas Teknik UNS, Prof Dr Kuncoro Diharjo, kepada wartawan, Senin (19/5).

Kuncoro mengatakan, selama ini untuk memenuhi kebutuhan air minum, pihaknya menggunakan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Dengan SPAM diharapkan mampu mengurangi ketergantungan terhadap PDAM. Program tersebut juga sebagai salah satu upaya menciptakan green campus.

"Dalam hitungan detik, kebutuhan total air di kampus ini mencapai 14 liter. Jumlah itu untuk memenuhi kebutuhan sekitar 36.162 mahasiswa dan 2.056 dosen, total mencapai 39.224 orang termasuk staf di UNS," jelasnya.

Upaya tersebut lanjut Kuncoro, mendapat apresiasi dari Menteri PU Djoko Kirmanto, Sebab green campus juga merupakan bagian dari terwujudnya green Indonesia.

"Yang terpenting dari green campus seharusnya adalah sustainable campus atau kampus yang berkelanjutan. Dengan SPAM, tidak ada lagi air yang terbuang begitu saja ke Sungai Bengawan Solo," katanya.

Kuncoro mengatakan, Kementerian PU siap untuk bekerjasama dengan UNS untuk pengembangan program tersebut. Tetapi biaya untuk pengelolaan masih cukup besar dan menjadi kendala.

Sementara itu, Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi, mengatakan selama ini baru ITB dan UGM yang sudah ada pengelolaan air minum di kampus. Diharapkan, UNS bisa melaksanakan program yang sama, sehingga di kampus tersebut nantinya bisa menyediakan fasilitas air langsung minum yang layak.


Post Date : 19 Mei 2014