5 Daerah di Jawa Barat pakai incinerator olah sampah

Sumber:merdeka.com - 8 April 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Lima daerah di Jawa Barat akan menggunakan incinerator untuk mengolah sampah. Incinerator ini merupakan teknologi modern yang bisa menghancurkan semua jenis sampah dan hanya menyisakan 10 persen residu.

Lima daerah itu adalah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Garut. Incenerator itu rencananya akan ada di Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legoknangka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Dengan adanya TPPAS Legoknangka diharapkan bisa menjadi pilot projek untuk daerah lainnya, ini akan menghasilkan pengolahan dan pemrosesan akhir sampah yang lebih baik," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan usai penandatanganan perjanjian kerja sama untuk memanfaatkan TPPAS Regional Legoknangka di Gedung Sate, Bandung, Selasa (8/4).

Menurut dia, dengan teknologi itu, sampah nantinya akan diolah. Salah satu manfaatnya, sampah itu akan menjadi listrik yang bisa dimanfaatkan. Hanya saja memang biaya pemrosesan sampah yang lumayan mahal dan harus ditanggung APBD.

Untuk pengolahan sampah itu, sahamnya nanti akan dimiliki pemerintah baik pemprov maupun pemkot dan pemkab terkait. "Sekarang kita pikirkan teknologinya saja dulu," ungkapnya.

Aher mengaku, sudah ada beberapa investor dari luar negeri yang siap membangun incenerator di lokasi. Tapi hal itu akan ditentukan dikemudian hari. Untuk anggaran pembangunan TPPAS dibutuhkan dana sekitar Rp 2 triliun.

"Legoknangka ini memang solusi, di sana 74 hektare sedangkan untuk mesin paling hanya 4 hektarenya," kata Aher.


Post Date : 10 April 2014