PDAM Sleman Bantu Masyarakat Nikmati Layanan Air Bersih

Sumber:berita21.com - 5 Maret 2013
Kategori:Air Minum

PDAM Sleman akan mengembangkan sambungan baru dengan kemudahan-kemudahan melalui event tertentu. Pada Hari Jadi Sleman 2013 nanti, akan ada sambungan baru yang murah.

Harga pendaftaran sambungan baru sebesar Rp 300 ribu per sambungan, sedangkan harga reguler mencapai Rp 800 ribu per sambungan. “Hal ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat agar dapat menikmati layanan air bersih dan memperluas cakupan layanan PDAM,” kata Dwi Nurwata, Direktur PDAM Sleman, di Press Room Humas Sleman, Kamis (4/4), didampingi Kabag Humas Sleman Dra Endah SW, MPA.

Menurut Dwi Nurwata, saat ini konsumen PDAM Sleman mencapai 60% dari total penduduk Sleman. Pencapaian ini sangat sulit karena masyarakat banyak menggunakan sumur gali, meski secara kualitas air PDAM Sleman lebih baik daripada 4 kabupaten/kota lain.

Dikatakan Dwi Nurwata, ke depan PDAM Sleman akan menambah sambungan sebanyak 200 pelanggan atau kepada 12 ribu jiwa.

Sumber air yang digunakan PDAM Sleman baru mencapai 280 liter per detik dengan tingkat kehilangan air 32 persen. Tingkat kehilangan tersebut menurun 5 persen dari tahun lalu yang mencapai 37 persen.

Upaya penurunan dilakukan dengan penggantian water meter yang rusak serta penertiban water meter. Tahun 2013 PDAM Sleman mengusulkan ke pusat untuk dibantu pengembangan di wilayah barat. “Karena di kecamatan Tempel belum ada layanan air bersih dengan perpipaan,” kata Direktur PDAM Sleman.

Pada tahun 2012, PDAM Sleman  mampu meraih keuntungan sebesar Rp 565 juta. “Keuntungan ini merupakan yang pertama kalinya setelah beberapa tahun  tidak memperoleh keuntungan,” kata Dwi Nurwata sambil menambahkan tahun 2013 PDAM Sleman akan menambah jaringan di wilayah Sleman Tengah, khususnya di Kecamatan Ngaglik.

Hal ini dikarenakan di Sleman Tengah perkembangannya cukup pesat di antaranya ada rusunawa dll. Sedangkan di wilayah Sleman Barat belum semuanya terlayani air bersih. Untuk Sleman Tengah terdapat 500 sambungan yang tidak dapat dicapai dalam satu tahun karena masih dalam tahap pembangunan.



Post Date : 05 April 2013