Perangi Sampah Dengan Gerakan 3R

Sumber:posbali.com - 2 Juli 2014
Kategori:Sampah Jakarta

Untuk meningkatkan peran serta masyarakat akan arti pentingnya kebersihan lingkungan dan juga sebagai salah satu upaya melepaskan diri dari permasalahan sampah yakni memilah dan mengolah sampah disumbernya.  

Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Denpasar melaksanakan Pelatihan Teknologi Pengolahan Persampahan di Kota Denpasar, Selasa (1/7) di Gedung Graha Sewaka Dharma. Pelatihan selama dua hari ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Denpasar I Ketut Wisada.

Panitia penyelenggara Ketut Adi Wiguna dalam laporannya mengatakan, produksi sampah di Kota Denpasar ini mencapai 3.000 M3 perhari dan bahkan pada hari-hari tertentu mengalami kenaikan cukup signifikan, selain itu karakteristik sampah di Kota Denpasar yang tidak terpilah juga lebih beragam. Kenyataannya produksi sampah dengan karakteristik dan volume sebesar itu hanya sedikit yang mampu diatasi melalui upaya pemilihan dan pengolahan sampah disumbernya.

Salah satu upaya untuk menanggulangi sampah dengan cara memerangi sampah dengan gerakan 3R yakni, Reduse (mengurangi), Reuse (memakai kembali) dan Recycle (mendaur ulang). Adi Wiguna juga menambahkan, kegiatan pelatihan ini di ikuti 80 orang dari pengelola kebersihan dan tenaga pemilah di masing-masing SKPD dilingkungan Pemkot Denpasar dan 400 orang dari para cleaning service pemerintahan, BUMN, MUMN, perusahaan, pertokoan, swalayan, hotel, rumah sakit dan unsur perbankan



Post Date : 03 Juli 2014