Dana Rp 75 Juta untuk Bantuan Air Bersih Sudah Terserap

Sumber:beritajatim.com - 23 November 2014
Kategori:Air Minum
Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Bojonegoro, Adie Witjaksono mengatakan jika anggaran senilai Rp 75 juta untuk bantuan air bersih bagi warga yang mengalami kekeringan sudah terserap semua, Minggu (23/11/2014).

"Anggaran untuk bantuan kekeringan disediakan sebanyak Rp75 juta sudah terserap semua. Namun jika masih ada yang membutuhkan bantuan air bisa meminta dari koperasi," jelasnya.

Anggaran tersebut sedikitnya digunakan untuk membantu warga di 44 Desa dari 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro. "Yang mahal dari bantuan air diantaranya untuk operasional, seperti gaji sopir, dan beli air PDAM, dan yang paling banyak untuk BBMnya," terangnya.

Meskipun dana untuk bantuan air bersih itu sudah terserap semua, namun pihaknya mengaku masih melayani warga yang mengalami kesulitan air bersih. "Terutama kecamatan yang masih kesulitan mendapat sumber air. Seperti Kecamatan Kedungadem, dan Sugihwaras," lanjutnya.

Akan tetapi kata dia, dari 44 Desa di 19 Kecamatan yang mengalami kekeringan tersebut terus berkembang. Sehingga untuk mengantisipasi hal itu, Pemkab Bojonegoro menggalakkan program tangkapan air, bio pori dan tandon air.

"Saat kekeringan bantuannya bukan air. Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) diintruksikan membuat bio resapan, tandon air dengan mencari sumber air yang besar," pungkasnya.


Post Date : 24 November 2014