BPPT Ciptakan Teknologi Lingkungan Dorong Gerakan Indonesia Bersih

Sumber:beritasatu.com - 15 Desember 2014
Kategori:Air Minum
Jumlah penduduk yang semakin meningkat berdampak pada beban lingkungan yang semakin berat. Menjawab hal itu Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menciptakan berbagai inovasi teknologi lingkungan.

Hasil-hasil teknologi lingkungan yang dihasilkan BPPT selama ini dipamerkan dalam seminar nasional bertema "Inovasi Teknologi Lingkungan dalam Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih" di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (15/12).

Sekretaris Utama BPPT, Soni Solistia Wirawan mengatakan, selama ini teknologi lingkungan untuk pengolahan limbah, pengelolaan sampah, komposting, pemanfaatan sampah menjadi energi dan lainnya sudah dibuat BPPT.

"Berbagai inovasi teknologi tersebut bahkan sudah diterapkan di sejumlah tempat, instansi dan pemerintah daerah. Kita lihat BPPT banyak menghasilkan teknologi tersebut, tetapi promosinya perlu ditingkatkan lagi," katanya di sela-sela seminar nasional itu.

Menurutnya, masalah lingkungan perlu mendapat perhatian serius, terutama soal pencemaran lingkungan akibat limbah cair industri dan rumah tangga, sampah perkotaan maupun berkurangnnya ketersediaan air bersih.

Hal ini sangat berkaitan dengan kesadaran masyarakat yang masih rendah dalam berperilaku bersih, agar tidak mengotori lingkungan dan hemat air.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berperilaku bersih dan hemat air, pemerintah telah mencanangkan program nasional Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) tahun 2011 dan Gerakan Penghematan Air melalui Instruksi Presiden No 13 Tahun 2011.

"Untuk mendukung suksesnya GNIB, BPPT diberi tanggungjawab menyediakan dukungan teknologi untuk pengolahan air limbah, kebersihan sungai dan penanganan sampah," ucapnya.



Post Date : 16 Desember 2014