Etika Lingkungan Hidup

Pengarang:A Sonny Keraf
Penerbit:Jakarta: Kompas, 2010; xv, 408 hal, 21 cm
No. Klasifikasi:179.1 Ker e
Kata Kunci:Etika, Lingkungan Hidup, Politik Lingkungan, Kearifan Tradisional
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Tidak dapat disangkal bahwa berbagai kasus lingkungan hidup yang terjadi baik pada lingkup nasional maupun lingkup global sebagian besar bersumber dari perilaku manusia. Kasus kasus kerusakan dan pencemaran di laut, hutan , atmosfir, air, tanah dan sebagainya bersumber dari perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab, tidak peduli dan mementingkan diri sendiri. Sehingga untuk mengatasi kerusakan dan pencemaran ini hanya dapat dilakukan dengan perubahan cara pandang dan perilaku manusia terhadap alam secara fundamental dan radikal.

Dengan terjadinya kerusakan dan pencemaran lingkungan ini menjadikan lingkungan hidup semakin mewarnai wacana dan perbincangan ilmiah yang tidak lagi sebagai isu teknis, ekonomi dan politik akan tetapi semakin didekati sebagai isu moral dan etis.

Buku ini memaparkan persoalan etika lingkungan hidup termasuk membahas berbagai konsep diantaranya yaitu konsep antroposentrisme, biosentrisme, ekosentrisme, hak asasi alam, termasuk kaitannya dengan kearifan tradisional dalam mengelola lingkungan hidup. Banyak pemikiran yang terkandung dalam buku ini telah direspon di dalam undang-undang 32/2009 tentang paradigma biosentrisme dan ekosentrisme serta bagaimana mengimplementasikan paradigma pembangunan berkelanjutan maupun paradigma keberlanjutan ekologi.

 



Post Date : 28 Januari 2013