Malam muda-mudi hasilkan sampah 650 ton, Jakkarnaval 30 ton

Sumber:merdeka.com - 1 Juli 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Pegelaran Jakarta Karnaval (Jakkarnaval) 2013 pada minggu (30/6) untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke 486 menyisakan sampah yang lebih sedikit dibandingkan pelaksanaan Jakarta Free Night atau Malam Muda Mudi.

Berdasarkan data Dinas Kebersihan DKI Jakarta, volume sampah sepanjang rute Jakarnaval, Jalan Medan Merdeka Selatan (depan Balai Kota) hingga Bunderan Hotel Indonesia, hanya mencapai 30 ton sampah saja. Sedangkan Malam Muda Mudi mencapai 650 ton sampah.

"Volume sampah yang kami angkut relatif sedikit. Tampaknya pedagang kaki lima (PKL) sudah mulai tertib untuk menampung sampahnya sendiri," ujar Kepala Dinas Kebersihan Unu Nurdin saat dihubungi wartawan, Jakarta, Senin (1/7).

Nurdin menambahkan untuk membersihkan sampah di sepanjang rute Jakarnaval, Dinas Kebersihan DKI mengerahkan 120 personel kebersihan dengan 20 gerobak motor, dua kijang bak terbuka dan lima truk sampah.

"Kami mensupport berbagai even yang diadakan di Ibu Kota, meskipun melelahkan kita berharap Jakarta bersih dan tersenyum karena dijaga bersih. Karena itu kami mengharapkan masyarakat ikut peduli terhadap masalah penanganan sampah dengan membuang sampah pada tempatnya dan sesuai jadwal yang telah ditentukan," jelasnya.

Warga diimbau ikut menegur orang yang membuang sampah sembarangan dan mulai memilah sampah sendiri. Khusus PKL, dapat berjualan dengan tertib di lokasi yang resmi dan bisa menjaga kebersihan di sekitarnya.

"Terakhir para pengusaha diberik kesempatan untuk ikut mengelola sampah daerah kawasannya," tutur Unu.

Sebelumnya, di atas panggung Jakarnaval Jokowi berpesan 3 hal tentang menjaga kebersihan dan kerapihan Kota Jakarta. "Saya titip pada Malam Muda Mudi, Jakarta Nite Festival, tolong, pertama, jangan buang sampah sembarangan. Kedua, jangan injak-injak taman, taman milik kita semua. Kalau taman rusak kita perbaiki pakai anggaran masyarakat. Jangan diinjek-injek, terus nanem lagi," jelasnya.

Terakhir, Jokowi berpesan agar warga membersihkan selokan dan kebersihan lingkungan. "Jaga lingkungan wilayah masing-masing di RT, selokannya yang belum dibersihkan, dibersihkan," katanya.



Post Date : 02 Juli 2013