Panggung Lor Bangun Pabrik Sampah Senilai Rp 5 Miliar

Sumber:Suara Merdeka - 8 Juli 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Kelurahan Panggung Lor akan menerima bantuan mesin pengolah sampah dari Kementerian Pekerjaan Umum senilai Rp 5 miliar. Alat tersebut akan digunakan untuk mengelola sampah yang dihasilkan penduduk perumahan Tanah Mas.


Ketua Paguyuban Pengendali dan Penanggulangan Air Pasang Panggung Lor atau disingkat P5L, Ibnu Soebroto mengatakan, pabrik sampah ini rencananya akan dibangun di kawasan Tanah Mas, dan melibatkan ibu-ibu PKK setempat. Namun sampai sekarang lokasi belum ditentukan.

"Saat ini kami sedang dalam tahap penyusunan proposal permohonan bantuan mesin pengolah sampah," katanya, Senin (8/7).


Mesin pengolah sampah akan mendaur ulang sampah dari masyarakat dan mengasilkan kompos salah satunya. Kompos ini bisa digunakan masyarakat Panggung Lor sendiri atau dijual ke pihak lain. "Masalah bahan baku, jika sampah dari Panggung Lor kurang, bisa diambilkan dari sampah kelurahan lain," ujarnya.


Selain program pembangunan pabrik sampah, Ibnu yang terpilih lagi menjadi ketua P5L periode 2013-2016 melalui Musyawarah Kerja yang diselenggarakan Sabtu (6/7) tersebut, juga memiliki program penataan lingkungan dan taman. Taman-taman di kawasan Tanah Mas akan dirawat dan dibenahi lagi, begitu pula dengan saluran pembuangan air.


"Penanganan masalah banjir tergantung kondisi saluran air. Jika saluran pembuangan air bersih, maka kerja pompa yang selama ini menyedot banjir dari Tanah Mas dapat bekerja dengan lancar," tuturnya.


Menurutnya P5L terus melakukan sosialisasi pada warga tentang tugas dan fungsi P5L, serta penanganan banjir. Kerja sama P5L dan warga sudah terjalin sejak tahun 1996.


Saat ini Tanah Mas memiliki 24 pompa penyedot air dan lima pompa cadangan. Seluruh pompa diletakkan di Kaliasin, saluran Bulu Drain, serta arteri Yos Sudarso. "Tahun ini kami belum berencana menambah pompa. Sementara kami memaksimalkan dan merawat dulu pompa yang ada," paparnya.

 



Post Date : 09 Juli 2013