Limbah Waduk Pluit Akan Diolah Jadi Air Bersih

Sumber:beritajakarta.com - 13 Juni 2013
Kategori:Air Limbah

Untuk memasok kebutuhan air bersih di wilayah DKI Jakarta, Perusahaan Air Minum Jaya (PAM Jaya) berencana akan mengolah air limbah dari Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara untuk dijadikan air bersih yang layak minum. Air tersebut nantinya akan dialirkan pada warga berpenghasilan rendah yang tinggal di Rusun Pluit.

Direktur Utama PAM Jaya, Sri Widayanto Kaderi mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan infrastruktur pengolahan air minum di Waduk Pluit. "Instalasi pengolahan air tersebut dapat menghasilkan air bersih sebanyak 2,5 hingga 5 liter air per detik. Itu bisa untuk mengairi 800 kepala keluarga," ujar Sri, Kamis (13/6).

Dikatakan Sri, kualitas air di Waduk Pluit hingga saat ini terus berubah-ubah setiap waktu. Pihaknya, terus melakukan monitoring dengan melakukan tes di laboratorium.

"Bisa jadi hari ini saat di tes di laboratorium, kualitas air sudah memenuhi standar minimal kesehatan. Namun esok harinya, kualitas air kembali turun dan tidak memenuhi standar. Karena itu kita harus siapkan "treatment" tambahan. Jadi proses pengolahan airnya lebih rumit," tambah Sri.

Nantinya, sambung Sri, untuk mendapatkan air bersih, warga berpenghasilan rendah di Rusun Pluit hanya akan dikenakan tarif Rp 1.050 per 10 meter kubik pertama. Apabila pemakaian air meningkat, kata Sri, maka warga akan dikenakan tarif progresif. "Tapi masih terjangkau dan di bawah tarif operator," ucapnya.
 
Ditambahkan Sri, jika tak ada aral melintang, pekan depan pihaknya akan meluncurkan instalasi pengolahan air limbah di Waduk Pluit tersebut. Namun demikian, dia belum memiliki tanggal pasti kapan acara launching tersebut akan digelar. "Tanggal pastinya akan ditentukan kemudian," tandasnya.



Post Date : 14 Juni 2013