Tiga Desa Diterjang Banjir

Sumber:Suara Merdeka - 09 Desember 2013
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
GROBOGAN - Musibah banjir dan puting beliung melanda Grobogan, Sabtu (7/12). Hujan yang mengguyur sekitar lima jam itu menyebabkan banjir melanda sejumlah rumah di Desa Genuk Suran, Sambak dan Plendungan Kecamatan Purwodadi pukul 20.00. Sekitar satu jam sebelumnya, hujan yang bersama angin puting beliung merusak 38 rumah di Desa Sidorejo Kecamatan Pulokulon.

Kabid Kedaruratan dan Lokasi BPBD Grobogan Titi Rahayuningsih menjelaskan, banjir yang melanda Desa Genuk Suran disebabkan jebolnya tanggul Sungai Genuk Suran. ”Sabtu malam, ada laporan warga tentang jebolnya tanggul. Kemudian kami kirimkan 200 karung yang akan digunakan sebagai bendungan sementara. Belum ada laporan berapa rumah yang tergenang,” kata Titi, Minggu (8/12).

Sementara itu, banjir yang melanda wilayah lain disebabkan tersumbatnya saluran air di beberapa titik. Air masuk ke perumahan dengan ketinggian bervariasi, antara 50 cm-70 cm, dan beberapa jam setelahnya langsung surut. Namun beberapa rumah yang letaknya lebih rendah masih tergenang hingga Minggu pagi. Masuknya air ke permukiman menyebabkan warga kaget dan langsung menyelamatkan barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi.

Air Masuk Rumah


”Tahu air masuk rumah, saya langsung meminta istri membangunkan anak-anak. Sementara, saya lansung menyelamatkan televisi, radio, kompor. Biasanya saya taruh di meja pendek,” kata Jumadi (52) warga Sambak.

Terpisah, 37 rumah di Desa Sidorejo Kecamatan Pulokulon rusak bagian atap saat angin puting beliung menerjang. Sementara, satu rumah milik Yahman (30) yang paling parah lantaran roboh dan rata dengan tanah. Meski kejadian begitu cepat, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. ”Saat terjadi hujan dan angin, kami sudah was-was. Saat itu juga langsung keluar. Dan rumah tiba-tiba roboh terkena angin,”ujar Yahman.

Yahman memperkirakan, kerugian mencapai Rp 25 juta yang meliputi rumah yang terbuat dari kayu, sejumlah peralatan elektronik dan perabot rumah tangga. (H81-64)

Post Date : 09 Desember 2013