Ini Target Ambisius Pemerintah Soal Air Minum dan Sanitasi

Sumber:metrotvnews.com - 13 Mei 2014
Kategori:Air Minum
Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menggulirkan rencana ambisius. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2014-2019, pemerintah menargetkan akses air minum dan sanitasi mencapai 100 persen. Untuk mencapai hal itu pemerintah menggelontorkan anggaran sebesar Rp650 triliun.

"Pendanaan dalam lima tahun ke depan berasal dari APBN diimbangi APBD dan PDAM. Kita juga menyertakan kemitraan dunia usaha serta masyarakat," kata Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Imam S. Ernawi, saat berbincang dengan media di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Jalan Pattimura Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Untuk akses air minum selama lima tahun dana yang digelontorkan sebesar Rp170 triliun. "Sebanyak 42 persen dari jumlah dana tersebut berasal dari pemerintah pusat. Sisanya berasal dari pemerintah daerah, PDAM dan kemitraan dari swasta," jelas Imam.

Sedangkan untuk akses sanitasi dikucurkan anggaran sebesar Rp380 triliun. Dana tersebut, jelas Imam, sebesar 60 persen berasal dari pemerintah pusat, termasuk Dana Alokasi Khusus Kementerian Pekerjaan Umum. "Selebihnya dari dana daerah, kemitraan dengan dunia usaha, serta masyarakat," kata Imam.

Menurut Badan Pusat Statistik, tahun 2013 persentase akses air minum aman telah mencapai 67,73 persen dan akses sanitasi 59,71 persen. Untuk mencapai target itu dibutuhkan dukungan pendanaan, kelembagaan berkelanjutan penyediaan air baku, peran swasta dan masyarakat, dan inovasi teknologi.

Pendanaan daerah harus diimbangi oleh PDAM. Sebab, jika PDAM tidak sehat target-target itu depan tidak akan tercapai. Untuk menyehatkan PDAM perlu kerja sama dengan asosiasi. Pasalnya, dari 233 PDAM ada 101 kurang sehat dan 56 sakit. Bisa juga PDAM yang sehat membantu PDAM yang sakit.


Post Date : 14 Mei 2014