40 Persen Warga Jabar Tidak Punya Akses Toilet

Sumber:pikiran-rakyat.com - 7 April 2013
Kategori:Sanitasi

Sebanyak 40 persen warga Jawa Barat (Jabar) tidak memiliki akses toilet dan sekitar 45 persen warga Jabar belum memiliki akses air minum yang terlindungi. Hal ini terjadi karena masyarakat Jabar masih belum menyadari pentingnya fasilitas sanitasi. Duta sanitasi tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) diharapkan mampu menyebarkan pentingnya menjaga sanitasi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan (Diskimrum) Jabar Eddy Nasution saat ditemui usai membuka acara Pemilihan Duta Sanitasi Tingkat SMP Jawa Barat 2013 bertema "Bersama Kita Peduli Sanitasi dan Air Minum" di Hotel Panghegar, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Minggu (7/4/13).

"Kondisi sanitasi di Jabar saat ini belum semua punya sarana sanitasi atau sarana toilet. Sekitar 40 persen warga Jabar belum memiliki toilet. Barangkali mereka membuang limbah ke sungai atau sama sekali tidak memiliki tempat membuang limbah," kata Eddy.

Eddy mengatakan duta sanitasi harus membawa perubahan dalam masyarakat Jabar dengan menyebarkan informasi sanitasi. Anak-anak menurutnya akan lebih kuat dan efektif berbicara pada orang tua. Dengan begitu setiap rumah tangga dapat mengalokasikan keuangannya untuk sarana sanitasi.



Post Date : 08 April 2013