Bappeda Gelar Rakor Pokja Sanitasi

Sumber:surabayapagi.com - 30 April 2014
Kategori:Sanitasi
Bidang fisik dan prasarana Bappeda Pemkot menggelar rakor pokja sanitasi di kantor pemkot, kemarin (29/4). Rakor dihadiri anggota pokja ( kelompok kerja ) sanitasi, diantaranya DPPKA, Dinas Kesehatan, dan Dinas PU, dan BLH.

Rakor pokja sanitasi dipimpin Kepala Bappeda Imanto, didampingi Kabid fisik dan prasarana Bappeda Pudi Adji W, serta Kasubid pengembangan perkotaan bidang fisik dan prasarana Ary Puspita.

Kepala Bappeda Imanto mengatakan, agenda rapat kali ini adalah, meningkatkan koordinasi pokja sanitasi, terkait perubahan struktur pokja sebagaimana SE Mendagri tanggal 30 November 2012 Nomor: 660/4919/SJ. “Agenda rapat lainnya adalah membahas isu-isu penting terkait pembangunan sanitasi, serta merumuskan langkah-langkah penyelesaian dan tindak lanjutnya, “ kata Kepala Bappeda Imanto.

Selanjutnya paparan dilanjutkan oleh Kabid Fisik dan Prasarana Bappeda Pudi Adji W, yang didampingi Kasubid pengembangan perkotaan Ary Puspita, yang menyampaikan bahwa, struktur pokja sanitasi ketua adalah Sekda, Sekretaris adalah Asisten Perekonomian dan Pembangunan, bidang perencanaan Bappeda, bidang pendanaan DPPKA, bidang teknis Dinas PU, bidang penyehatan, komunikasi, dan pemberdayaan Dinkes, dan bidang monitoring dan evaluasi adalah BLH. “Ketua pokja sanitasi bertugas mengendalikan , dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan peran, fungsi dan tugas pokja sanitasi, sedangkan sekretaris bertugas mengkordinasikan perencanaan, dan pelaksnaan teknis program kerja pokja sanitasi kota probolinggo, “ kata Kabid Fisik dan Prasarana Bappeda Pudi Adji W.

Lebih lanjut Kabid Fisik menjelaskan, bidang perencanaan yang di ketuai oleh Bappeda mempunyai tugas, memastikan bahwa buku putih sanitasi ( BPS ), dan strategi sanitasi kota ( SSK ), menjadi bahan masukan dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah, yang di rumuskan ke dalam dokumen RPJMD.

“ Tugas lain adalah memastikan kesesuaian prioritas program, dan kegiatan PPSP, yang di tuangkan dalam SSK, telah selaras dengan RPJMD, serta membuat laporan kerja terkait bidnag tugas secara berkala, terhadap ketua pokja sanitasi “ kata Pudi.


Post Date : 30 April 2014