Volume Sampah Rumah Tangga Meningkat di Dumai

Sumber:city.seruu.com - 21 Agustus 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Volume sampah rumah tangga dan konsumsi masyarakat Kota Dumai, Riau, selama Idul Fitri 1434 Hijriah, meningkat rata-rata 15 persen dibanding hari biasa yang berkisar antara 130 meter kubik.

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Tatakota, Kebersihan dan Pertamanan (DTKP) Kota Dumai Herman di Dumai, Rabu, mengatakan pada hari biasa, rata-rata pengangkutan sampah berkisar antara 130 meter kubik, namun sebelum hingga pascaIdul Fitri menjadi sekitar 150 meter kubik.

Terjadinya peningkatan volume sampah tersebut mulai dirasakan petugas kebersihan sepekan sebelum dan sesudah lebaran, dan terutama sekali di wilayah perkotaan.

"Semakin banyaknya volume sampah pada saat lebaran ini disebabkan selain meningkatnya konsumsi masyarakat yang akan berhari raya, juga karena laju pertumbuhan daerah semakin pesat," ungkap Herman.

Dia menerangkan bahwa dalam sehari, petugas kebersihan melakukan pengambilan sampah sebanyak empat kali di sejumlah lokasi penumpukan dan pengumpulan sampah di pemukiman masyarakat dan pasar tradisional.

Pengumpulan sampah dilakukan juga di sejumlah tempat penampungan berupa tong dan bak yang diletakkan di sepanjang pinggir jalan padat penduduk dan pusat perbelanjaan kota Dumai, katanya.

Untuk pelaksanaan pengangkutan sampah di tengah masyarakat, lanjut Herman, dengan menggunakan armada pendukung berupa tiga unit alat ambrol dan 14 truk colt diesel.

Selanjutnya, sampah yang telah diambil kemudian diangkut dan ditumpuk di lokasi tempat penampungan akhir (TPA) di kawasan Bukit Jin, Kecamatan Dumai Barat.

- See more at: http://city.seruu.com/read/2013/08/21/179906/volume-sampah-rumah-tangga-meningkat-di-dumai#sthash.n1lgJy4u.dpuf



Post Date : 22 Agustus 2013