500 Tangki Air Bersih Dikirim Atasi Kekeringan di Sekitar Solo

Sumber:detik.com - 23 Sept 2014
Kategori:Air Minum
Tiga lembaga ‎besar di Solo bergabung melakukan aksi kemanusiaan. Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta, Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) dan CSR Bank Rakyat Indonesia (BRI) Peduli, melakukan aksi bersama menyumbang 500 tangki air bersih untuk dikirim ke daerah yang mengalami kekeringan di beberapa kabupaten sekitar Solo.

Sumbangan air bersih itu dilakukan secara bertahap ke beberapa lokasi yang telah dipilih dari daftar yang dimiliki oleh panitia. Pemilihan lokasi sumbangan dilakukan dengan mempertimbangkan tingkat kekeringan dan dipantau apakah daerah itu sudah mendapat bantuan yang sama dan lembaga‎ lain atau belum.

"Kita memiliki daftar yang didapat dari berbagai informasi. Kita juga berkoordinasi dengan Pemkab setempat dan organisasi-organisasi lain yang juga melakukan pengiriman bantuan untuk mengetahui daerah mana saja yang telah mendapat bantuan," ujar Sumartono Hadinoto, pengurus PMS dan juga PMI Surakarta, saat pelepasan tanki bantuan pertama di halaman kantor PMS, Jalan Juanda No 47, Solo, Selasa (2r/9/2014).

Sumartono mengataka‎n, bantuan kemanusiaan itu akan dilepas secara bertahap hingga dua bulan ke depan dengan asumsi bahwa musim kering diprediksi masih akan terjadi selama dua bulan itu. Setiap harinya rata-rata 8 tangki air akan dikirim ke lokasi kekeringan.

"Untuk hari pertama ini sumbangan kita kirimkan bantuan ke ‎Desa Petirsari dan Gambirmanis, keduanya Praci, Wonogiri. Untuk kedua desa itu mungkin bantuannya mencapai 20 hingga 25 tangki karena mengalami kekeringan sangat parah. Selanjutnya akan dibagikan ke desa-desa lain di kabupaten sekitar Solo, yaitu di Wonogiri, Sragen, Boyolali. Sedangkan untuk kabupaten Karanganyar dan Klaten masih menunggu data dari relawan di lapangan.

"Yang dilaporkan paling parah adalah ‎di Wonogiri. Terdapat 28 desa, di 8 kecamatan di daerah itu yang mengalami kekeringan parah," ujarnya.


Post Date : 24 September 2014