Percepat Capaian Target MDGS

Sumber:malang-post.com - 7 Desember 2014
Kategori:Air Minum
Salah satu inovasi Pemkot Malang yang mendapat apresiasi adalah sumber daya air (SDA) Kota Malang. Dalam penyediaan akses air bersih yang aman dan berkelanjutan untuk masyarakat, Kota Malang sudah mampu melampaui target Millennium Development Goals (MDGs) yang ditetapkan pemerintah sebesar 68,87 persen pada tahun 2015.

Saat ini, akses air bersih untuk masyarakat sudah mencapai lebih dari 70 persen lebih. Penyediaan akses air bersih itu dilakukan PDAM bersama Himpunan Penduduk Pengelola dan Pengguna Air Minum (HIPPAM) Kota Malang.

Dalam perkembangannya HIPPAM Kota Malang dibawah pembinaan Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Pengawasan Bangunan (DPUPPB) mempunyai visi yg terakselarasi dengan visi Pemkot Malang, yaitu menjadikan Kota Malang Bermartabat dengan kepedulian terhadap wong cilik.

HIPPAM  yang lebih menyasar pada masyarakat berpenghasilan rendag (MBR), kurang lebih sudah melayani sekitar 15 ribu KK, atau kurang lebih 70 ribu jiwa atau sekitar 10 persen masyarakat Kota Malang.

“Semangat Bidang Cipta Karya DPUPPB sebagai bapaknya HIPPAM tak jarang melakukan studi banding dalam pengelolahan air bersih yg baik, layak minum dengan manajemen pengelolaan yang handal dalam upaya mendukung visi peduli wong cilik,” kata Kabid Pemukiman dan Tata Ruang DPUPPB Kota Malang, Teddy Soemarna.

 Selain MDG's,  dihari Habitat Internasional sudah ditetapkan pada tahun 2019 diharapkan seluruh masyarakat atau 100 persen sudah dapat menikmati akses air bersih. Di Kota Malang, target 100 persen akan dipercepat pada tahun 2017 mendatang. Jika PDAM sudah melayani 70 persen dan HIPPAM melayani 10 persen, masih ada warga Kota Malang sebesar 20 persen yg masih menggunakan sumur.

Kota Malang memiliki 28 HIPPAM di 17 kelurahan yang ada di empat  kecamatan. Ini menjadikan Kota Malang, satu-satunya kota di Jatim yang memiliki HIPPAM. Keberadaan HIPPAM Kota Malang juga sudah berprestasi. Juara I kategori sederhana HIPPAM tingkat Provinsi Jatim 2011, Juara I kategori besar HIPPAM Tingkat Provinsi Jatim tahun 2012, lima besar tahun 2013 dan 2014. 

“Harapnnya bisa merebut Juara nasional. Walaupun tugas pokok Hippam di Kota Malang berupaya memenuhi kebutuhan air bersih bagi MBR,” tambahnya.

Namun di tiga tahun terakhir, ada pengembangan Tupoksi, yaitu berupaya membangun modal sosial (kepedulian) masyarakat melalui pemberian santunan fakir miskin, anak yatim, pembangunan infrastruktur dari hasil pengelolahan HIPPAM, walaupun belum semuanya. Dia berterima kasih kepada semua pihak dan masyarakat Kota Malang yang telah mendukung suksesnya pembangunan di Kota Malang, hingga diraihnya penghargaan ini.

“Saya lihat HIPPAM di  Arjowinangun, Buring, Karangbesuki Gasek, Tasikmadu, Kedungkandang, sudah sangat sesuai dengan visi Pemkot Malang. Hidup HIPPAM, Jayalah Hippam, Sukses Bidang Cipta Karya,” tandasnya.


Post Date : 10 Desember 2014