25 Ribu KK di Bandung Tak Punya Jamban Keluarga

Sumber:poskotanews.com - 23 Agustus 2013
Kategori:Sanitasi

Pemerintah Kabupaten Bandung membutuhkan anggaran Rp 240 miliar untuk membangun jamban keluarga. Berdasar data di Dinas Kesehatan setempat,  ada 25 ribu kepala keluarga yang belum memiliki jamban keluarga. “Mereka buang hajat bisa di kebun atau di sungai,“ tandas Kepala Dinas Kesehatan setempat Achmad Kustijadi, Jumat (23/8).

Kadinkes Achmad, usai sosialisasi percepatan pembangunan sanitasi, menambahkan, dampak dari banyaknya warga yang belum memiliki jamban keluarga, bisa berpengaruh kepada sanitasi lingkungan. Ujungnya, warga setempat banyak yang terserang diare.

Oleh karena itu wajar, jika diare masih tertinggi di Indonesia mencapai 432 kasus per 1.000 penduduk. “Penyababnya, jamban keluarga masih kurang,“ katanya.

Menyinggung biaya untukl membangun jamban, dia menandaskan, minimal membutuhkan anggaran Rp 500 ribu per satu jamban keluarga. “Jika di Kabupaten Bandung ada 25 ribu yang belum memiliki jamban, Pemda harus memiliki anggaran Rp 240 miliar untuk membuat jamban keluarga,“ katanya.

 



Post Date : 26 Agustus 2013