10 Persen Warga Surabaya Belum Nikmati Air Bersih

Sumber:surabayanews.co.id - 27 Desember 2014
Kategori:Air Minum

Tahun 2015 mendatang rupaya menjadi pekerjaan rumah PDAM Surya Sembada kota Surabaya. Total jaringan sekitar 5000 kilometer eksisting saat ini pun tidak semua telah mengkover 2,5 juta penduduk kota Surabaya.

Dari 2,5 juta penduduk Surabaya tersebut masih ada 10 persen penduduk Surabaya yang belum menikmati jaringan air bersih. Penambahan jaringan sekitar 100 kilometer atau 19 ribu pelanggan pada tahun 2014 kali ini hanya pada 5 region yang cenderung pada perumahan kalangan menengah atas.

“Sejumlah daerah yang belum menikmati air bersih sebagian besar penduduknya tinggal di daerah merah atau tanah sengketa maupun tanah yang statusnya belum jelas. Jika PDAM bersikeras untuk menyambung pipa di kawasan tersebut berarti akan merugikan orang lain yakni perusakan aset milik orang lain,” jelas sekretaris PDAM Surya Sembada Surabaya, Sayid Iqbal.

Kesulitan kedua adalah kawasan yang tinggi lantaran tekanan pompa kurang dapat mengalir ke daerah tersebut dan jika memaksakan akan di pasang jaringan justru akan merugikan pelanggan. Karena itu untuk tahun 2015, PDAM akan segera menempatkan pompa-pompa air di sejumlah kawasan yang akan ditambah jaringan untuk menekan suplai air bersih tersebut. 



Post Date : 30 Desember 2014