Penanganan Pasca Banjir, Pessel Darurat Satu Minggu

Sumber:padangmedia.com - 31 Desember 2013
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

Bupati Pesisir Selatan H. Nasrul Abit menetapkan masa tanggap darurat penanganan banjir selama satu minggu. Bencana banjir melanda daerah itu pada Minggu (29/12) lalu.

"Masa tanggap darurat penanganan banjir kita lakukan selama satu minggu," kata Nasrul, Selasa (31/12). Dalam masa tanggap darurat tersebut menurut Nasrul, pemerintah daerah akan melakukan penanganan dan pendataan warga korban banjir dan kerusakan yang ditimbulkan.

Ia menyebutkan, banjir merendam 13 dari 15 kecamatan yang ada di daerah itu akibat meluapnya beberapa sungai. Banjir juga merenggut satu korban jiwa yaitu Kevin (13) pelajar SMP warga Kampung Anakan Nagari Koto Nan Duo Kecamatan Batangkapas.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, tujuh rumah warga hanyut terseret air, dua sekolah dan dua rumah ibadah mengalami rusak ringan.

Selain itu, 124 hektare sawah mengalami gagal panen dan 41,5 hektar kebun rusak serta ribuan ternak warga mati.

"Kerugian materil sementara diperkirakan mencapai Rp1 miliar," kata Kepala BPBD Pesisir Selatan Doni Gusrizal.

Banjir di Pesisir Selatan juga telah menyebabkan arus lalulintas Padang-Painan sempat lumpuh total selama lebih kurang 12 jam pada Minggu saat kejadian. Hal itu disebabkan ruas jalan lintas Sumatera di Tarusan dan Bayang terendam air dengan ketinggian mencapai sepinggang orang dewasa. 

 



Post Date : 31 Desember 2013