Siapkan 'Sapu Jagad' Trashbag Angkut Sampah 5 Gunung

Sumber:tnol.co.id - 13 Juli 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Mematangkan kegiatan ‘Sapu Jagad’ yang akan dilakukan Trashbag Community (TC), komunitas pencinta alam pada bulan Agustus 2013 mendatang. Sejumlah anggotanya melakukan pertemuan di Jl Kalibata Timur 4 F Jakarta Selatan, Sabtu (7/7) kemarin.  Pertemuan yang berlangsung dari pukul 17.00-23.00 WIB ini dihadiri sedikitnya 20 anggota TC.

Dalam rapat menjelang Ramadan ini juga dihadiri oleh wartawan Metro TV. Stasiun TV berbasis berita tersebut tertarik untuk meliput kegiatan TC dalam pembersihan gunung.  Apalagi aksi yang dilakukan TC terbilang baru dan langka untuk kalangan pecinta alam.    

Rage, Ketua TC mengatakan, dalam pertemuan tersebut dibahas rencana Sapu Jagad pada sejumlah gunung yang ada di Indonesia. Disepakati ada lima gunung yang akan didaki dan dibersihkan  dari berbagai sampah. Selain itu, disepakati juga waktu pelaksanaan yakni pada bulan Agustus atau usai Hari Raya Idul Fitri.

“Yang ikut hadir anggota TC dari Jabodetebek,” kata Rage kepada TNOL.

Ia menuturkan, dalam pertemuan tersebut dibahas sejumlah gunung yang akan didaki dan dibersihkan dari berbagai sampah. Nama-nama gunung yang akan dibersihkan adalah,  Gunung Kerinci yang akan didaki dari tanggal 13-21 Agustus 2013. Untuk Gunung Ciremai akan didaki dan dibersihkan dari tanggal 11-18 Agustus 2013.

Sementara untuk Gunung Slamet akan didaki dan dibersihkan pada tanggal 16-18 Agustus 2013. Sedangkan untuk Gunung Semeru akan didaki dan dibersihkan pada tanggal 16-20 Agustus 2013. Untuk Gunung Bawakaraeng akan didaki dan dibersihkan pada tanggal 15-18 Agustus 2013.

“Masing-masing pembersihan gunung ada koordinatornya,” ungkap Rage.   

Masing-masing gunung yang akan  didaki dan dibersihkan akan dilakukan oleh 50 orang yang terdiri dari relawan dan pengurus TC. Sementara trashbag atau kantong sampah yang akan dibawa sebanyak 70 buah. Selain itu, akan dibawa juga pin dan stiker yang bertuliskan untuk tidak membuang sampah di gunung.“Semua peralatan itu didapat dari swadaya.”

Rage mengatakan, upaya dari kegiatan yang dilakukan TC guna mengkampanyekan bahwa gunung bukan tempat sampah. Hal tersebut dilakukan karena selama ini banyak pihak yang membuang sampah di berbagai gunung yang ada di Indonesia. Akibatnya, banyak gunung yang tidak nyaman untuk didaki. 

“Kita ingin dari kegiatan ini bukan TC yang terkenal, tapi kampanye yang dilakukan yakni gunung bukan tempat sampah,” tandasnya.

 



Post Date : 15 Juli 2013