Kementerian PU Gelontorkan Rp215 M untuk Atasi Banjir

Sumber:okezone.com - 15 April 2013
Kategori:Banjir di Jakarta
Penambahan daun pintu air Manggarai, Jakarta Selatan, dinilai penting untuk memperlancar aliran sungai Ciliwung menuju Kanal Banjir Barat (BKB). Hal ini juga diharapkan akan menjadi salah satu solusi banjir ibu kota.

"Selama ini air menumpuk di Ciliwung dan Manggarai, jadi pembangunan pintu air itu untuk memperlancar masuknya air tersebut," ujar Kepala Bidang Pelaksanaan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung- Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Pekerjaan Umum Bestari saat dihubungi wartawan, Senin (15/4/2013).

Selain pengerjaan proyek pintu air Manggarai, Bastari menjelaskan, Kementerian PU menganggarkan dana sebesar Rp215 miliar untuk penambahan daun pintu air Karet dan kegiatan optimalisasi Banjir Kanal Barat dan Kali Ciliwung.

Pihaknya memperkirakan waktu pengerjaan yang akan dihabiskan selama satu tahun ke depan. Sehingga, sebagian Jalan Tambak terpaksa ditutup untuk menjalankan pekerjaan tersebut. "Di jalan tersebut akan dilakukan pengeboran, kita ambil waktu maksimum itu lebih dari satu tahun. Namun kalau bisa cepat, pengerjaan akan selesai dalam waktu delapan bulan," terangnya.

Akibat dari penutupan tersebut akan terjadi kemacetan di titik jalur yang ditutup. "Ini sudah diperhitungkan, ini memang sedikit akan menambah kemacetan," kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono menambahkan, jajarannya akan menutup sebagian ruas jalan sebagai konsekuensi pembangunan proyek tersebut. "Karena badan jalan jadi bagian dari proses pengerjaan, maka jalan tersebut akan ditutup," ujar Pristono.

Jalan yang akan ditutup tersebut meliputi Jalan Tambak underpass lama pada bagian sisi barat atau sebelah kiri jalan. "Kemudian lalu lintas dari arah Jalan Sultan Agung dan Jalan Minangkabau yang akan menuju Jalan Proklamasi dan Jalan Matraman, diarahkan melalui Jalan Tambak atau underpass baru di sisi timur (sebelah kanan jalan) atau Jalan Cik Ditiro sampai Jalan Diponegoro," kata Pristono.

Post Date : 16 April 2013