Konservasi Tanah & Air

Pengarang:Sitanala Arsyad
Penerbit:Bogor: IPB Press, 2010; xxi, 466 hal, 22,8 cm + tabel + gambar
No. Klasifikasi:333.72 Ars k
Kata Kunci:Konservasi, Tanah dan Air, Kerusakan, Unsur Hara
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Buku yang mengupas mengenai kerusakan tanah dan air beserta solusinya ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi kalangan akademisi dan masyarakat umum untuk turut berpartisipasi dalam mengonversi tanah dan air.

Tanah dan air merupakan sumber daya alam yang mudah mengalami kerusakan. Berbagai aktivitas manusia turutmemberi andil terhadap kerusakan tanah dan air selain kerusakan yang ditimbulkan oleh alam itu sendiri. Kerusakan tanah dapat terjadi karena erosi, hilangnya unsur hara, penjenuhan tanah oleh air sedangkan rusaknya air dapat terjadi disebabkan mengeringnya mata air, menurunnya kualitas tanah, pencemaran, dan lainnya.

Tidak menutup kemungkinan kerusakan tanah dan air ini dapat dikembalikan fungsinya seperti semula yaitu dengan melakukan konservasi.Konservasi tanah bertujuan untuk memcegah erosi, memperbaiki tanah yang rusak, memelihara serta meningkatkan produktivitas tanah agar tanah dapat digunakan secara berkelanjutan. Sedangkan konservasi air pada prinsipnya adalah penggunaan air hujan yang jatuh ke tanah untuk pertanian seefisien mungkin serta mengatur waktu aliran sungai agar tidak terjadi banjir yang merusak dan disaat musim kemarau terdapat cadangan air yang memenuhi berbagai kebutuhan.



Post Date : 28 Desember 2012