Percik Edisi 03/2012 - Tahun ke 10 "Kaleidioskop 2012"

Pengarang:Kelompok Kerja AMPL
Penerbit:Jakarta: Sekretariat Pokja AMPL, 2012
No. Klasifikasi:623.854.598 Kel k
Kata Kunci:Kaleidioskop 2012, AMPL, PPSP, Sanitasi, Kampanye Publik, Nawasis, Rencana Pengamanan Air, STBM, Pamsimas
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Majalah

Berbagai program dan rangkaian kegiatan telah dilaksanakan Kelompok Kerja (Pokja) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) selama tahun 2012 dengan segala dinamikanya. Rangkaian kegiatan ini terangkum dalam Percik yang mengangkat tema kaleidioskop 2012.

Kegiatan besar AMPL di tahun 2012 adalah terselenggaranya East Asia Ministerial Conference on Sanitation and Hygiene (EASAN) III yang melibatkan 14 negara di kawasan Asia Tenggara. Konferensi yang dilaksanakan di Denpasar Bali pada tanggal 10-12 September 2012 mengangkat isu sanitasi lebih tinggi lagi dan sekaligus menjadi momentum yang sangat penting karena menegaskan komitmen untuk penanganan sanitasi dan air minum.  Selain EASAN III dilaksanakan pula Hari Cuci Tangan Pakai Sabun, Hari Air Sedunia, Hari Toilet Sedunia, dan Hari Habitat Sedunia.

Disini dipaparkan pula kegiatan yang dilaksanakan oleh kementrian diantaranya yaitu Ditjen Bina Bangda Kementrian Dalam Negeri, Ditjen PMD Kementrian Dalam Negeri, Ditjen Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum, Ditjen PP & PL Kementrian Kesehatan, Direktorat Permukiman dan Perumahan Bappenas, dan Pokja AMPL Nasional (Kegiatan Bersama).

Percik kali ini dilengkapi pula ringkasan berita selama tahun 2012 yang terangkum dalam AMPL dalam berita; wawancara dengan Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas Nugroho Tri Utomo tentang pembangunan AMPL di tahun 2012; dan beberapa program potensial dalam membenahi air dan sanitasi yang meliputi Nawasis, Rencana Pengamanan Air serta Sanitasi Sekolah.  Selain itu dipaparkan pula kegiatan PPSP, kiprah Waspola Facility, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Pamsimas, USDP dengan penguatan kapasitas daerah dan resensi dari beberapa buku yang diterima oleh Perpustakaan Pokja AMPL.

 

 

 

 



Post Date : 12 Februari 2013