Setor Sampah di Bandung Berhadiah Potongan Biaya Listrik

Sumber:detik.com - 4 Desember 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Pemkot Bandung menggandeng PLN untuk meluncurkan program bank sampah. Imbalan bagi warga yang berpartisipasi menyetor sampah berhadiah potongan biaya listrik.

"PLN mau memberi CSR yang fokusnya soal persampahan dan bank sampah," ucap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kepada wartawan di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Kamis (4/12/2014).

Emil, sapaan Ridwan, mengaku sudah berbincang dengan pihak PLN perwakilan Bandung. Dalam pertemuan membahas bank sampah, sambung Emil, tercetus suatu gagasan anyar yang dampaknya bermanfaat bagi masyarakat Kota Bandung.

"Disepakati gagasan itu menyangkut hajat hidup orang Bandung yaitu listrik. Jadi warga menyetor sampah, kemudian nanti hadiahnya voucher pengurangan biaya listrik. Misalnya biaya listrik 100 ribu rupiah, jadi bayar 90 ribu rupiah," tutur Emil.

Dia mengatakan, teknis program bank sampah dengan PLN ini masih tahap penggodokan. "Gagasannya sedang dimatangkan. Mudah-mudahan sebulan ini bisa matang," ujar Emil.

Pemkot Bandung gencar menuntaskan permasalahan lingkungan hidup. Program bank sampah bertujuan mengedukasi masyarakat agar bijak mengumpulkan dan memilah sampah. Hadirnya bank sampah yang dikelola seperti sistem perbankan ini guna menyadarkan masyarakat lebih peduli kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Sampah hasil pilah selanjutnya disetor warga kepada pengelola untuk diolah menjadi bahan berguna dan memiliki nilai ekonomis. "Nanti ada tim pengelola yang punya daya jual lagi. Makanya sampah-sampahnya seperti sampah industrial atau plastik," kata Emil.


Post Date : 05 Desember 2014