Pembangunan Sanitasi Empat Desa Dipercepat

Sumber:antaranews.com - 11 Juli 2014
Kategori:Sanitasi
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tabalong, Kalimantan Selatan Erwan mengatakan, pihaknya melakukan percepatan pelaksanaan pembangunan sanitasi pemukiman di empat desa.

"Pembangunan itu menyangkut berbagai aspek kehidupan masyarakat," kata Erwan di Tanjung, Jumat

Ia mengatakan, keempat desa itu meliputi Desa Kembang Kuning, Desa Masingai 1, Desa Masingai 2 dan Desa Tanta Hulu.

Sasaran kegiatan antara lain mencakup layanan terhadap akses air limbah, persampahan, drainase lingkungan, air minum dan pola hidup bersih serta sehat.

"Memorandum progam sanitasi telah dibuat pada 2013 termasuk buku putih sanitasi dan strategi sanitasi sebagai acun program percepatan pembangunan sanitasi dan pemukiman di Tabalong," jelas Erwan.

Upaya itu merupakan komitmen bersama antarpemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten dalam rangka mempercepat pelaksanaan pembangunan sanitasi pemukiman.

Sebagai persiapan pelaksanaan program dari pemerintah pusat, Bappeda melaksanakan rapat koordinasi kelompok kerja sanitasi dan instansi terkait guna penajaman dan sinkronisasi yang sudah disusun dalam strategi sanitasi kabupaten Tabalong 2013 - 2017.

Erwan menambahkan Pemkab Tabalong juga telah membuat deklarasi mendukung program bebas buang air besar sembarangan di Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai, antara Bupati Tabalong dan pihak PT Adaro Indonesia serta instansi terkait.

"Sekitar 45 persen kondisi sanitasi masuk wilayah merah karena itu dengan dibuatnya deklarasi bebas buang air besar sembarangan bisa memotivasi semua pihak untuk mendukung program pemerintah pusat ini," tambahnya.


Post Date : 14 Juli 2014