24 Sarana Sanitasi Komunal Diresmikan

Sumber:Suara Merdeka - 28 Juni 2013
Kategori:Sanitasi

Wali Kota M Basyir Ahmad meresmikan 24 sarana Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat (SPBM) yang tersebar di sejumlah kelurahan. Peresmian dipusatkan di SPBM Jalan Wilis, Jumat (28/6).


SPBM merupakan salah satu komponen program Urban Sanitation and Rural Infrastructure (USRI) yang diselenggarakan sebagai program pendukung Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri perkotaan.


Program tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui penyediaan sarana sanitasi komunal berbasis masyarakat. Khususnya bagi kaum perempuan, kelompok rentan/marjinal dan penduduk miskin.


Menurut Wali Kota, pembangunan sarana SPBM tersebut untuk mengantisipasi terjadinya pencemaran sumur dari bakteri Escherichia Coli (E-Coli).


Dijelaskan dia, 70 persen sumur di Kota Pekalongan ditengarai tercemar bakteri e-coli. Kondisi tersebut sangat memprihatinkan karena bakteri e-coli menyebabkan munculnya berbagai penyakit.


“Banyak anak-anak yang mengalami infeksi saluran pencernaan dan typus. Bahkan hingga meninggal dunia,” terangnya.


Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan berencana mereplikasi program tersebut di sejumlah kelurahan di Kota Pekalongan.


"Jika program ini bisa dilaksanakan dengan baik, masyarakat tidak perlu lagi membuat septic tanksendiri-sendiri," sambungnya.



Post Date : 01 Juli 2013