Serunya Lomba Mungut Sampah di Aliran Sungai Deli Medan

Sumber:okezone.com - 17 Agustus 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Beragam perlombaan berlangsung di Tanah Air dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia ke-69 yang jatuh hari ini. Lomba makan kerupuk, panjat pinang, dan tarik tambang merupakan perlombaan langganan. Tapi di Medan, Sumatera Utara, selain tiga perlombaan itu, ada perlombaan lain yang tidak kalah seru dan juga kaya manfaat. Perlombaan mengumpulkan sampah.

Perlombaan memungut mengutip sampah berlangsung di aliran Sungai Deli wilayah Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara. Kompetisi yang diikuti puluhan anak-anak itu diharapkan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan. Khususnya bagi warga di bantaran sungai, yang sering kebanjiran imbas dari luapan sungai.

Berdasarkan pantauan, dengan penuh semangat peserta berhamburan ke sungai untuk mengumpulkan sampah yang ada di tepian hingga ke tengah aliran sungai. Sungai Deli merupakan sungai terbesar yang membelah Kota Medan.

Seolah tak peduli dengan kedalaman air sungai dan arus, anak-anak tampak riang mengikuti lomba dalam memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia tahun ini. Kendati bisa berenang menjadi syarat peserta lomba, panitia tetap melakukan pengawasan di tepi sungai selama perlombaan berlangsung.

Setelah berhasil mengumpulkan sampah di dalam karung yang sudah disediakan, anak-anak yang terbagi dalam beberapa grup itu kembali dihadapkan dengan rintangan. Mereka harus membawa tumpukan sampah yang sudah dikumpulkan, ke tepian untuk ditimbang. Pemenangnya adalah peserta yang mampu mengumpulkan sampah terberat.

Peserta lomba, M Idris, mengaku sangat menikmat perlombaan tersebut meski menguras tenaga.  Alasannya, kegiatan serupa tak berlangsung setiap hari. “Senang sekali, seru bisa ikut memeriahkan hari kemerdekaan,” ujar Idris di lokasi, Minggu (17/8/2014).

Pemenang lomba pungut sampah itu akan menerima hadiah yang telah disediakan oleh panitia. Hadiah baru akan dibagikan malam nanti, dalam puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI di wilayah itu.


Post Date : 19 Agustus 2014