Peselancar Cilik Ini Bantu Pengadaan Air Bersih di Mentawai

Sumber:viva.co.id - 8 Desember 2014
Kategori:Air Minum
Apa yang dilakukan bocah asal Australia ini bukan hal biasa. Di usia yang baru sembilan tahun, Winter Vincent telah tergerak hatinya untuk menjadi seorang filantropis. Dia berhasil mengumpulkan ribuan dolar, untuk membantu masyarakat Mentawai.

Dilansir dari laman Inertia, Minggu, 7 Desember, Winter yang berasal dari Pantai Manly, Australia, melakukan perjalanan ke Indonesia, Oktober lalu, dengan kru Waves4Water, sebuah organisasi amal yang bertujuan untuk membantu penyediaan air bersih di seluruh dunia.

Peselancar cilik itu, membawa peralatan pengolahan air bersih untuk 5.000 warga Kepulauan Mentawai. Dia mengaku terinspirasi dari para peselancar profesional, dan tertarik dengan apa yang dilakukan Waves4Water.

"Ini bermula dari sebuah proyek sekolah untuk Hari Air Sedunia. Proyek itu diberi nama Anak-anak Dapat Membuat Perbedaan," kata Winter. Dia kemudian melakukan pencarian, dan menemukan Waves4Water di internet.

Dia membaca tentang kegiatan para peselancar profesional, yang berselancar sambil membantu orang-orang di sepanjang perjalanan mereka. "Saya berpikir, bahwa saya juga bisa melakukannya," ucap Winter.

Winter pun melakukan kampanye di sekolahnya, memberikan pidato dan berhasil mengumpulkan US$3.000. Dia juga melelang dua papan seluncurnya, untuk menambah dana bantuannya. Apa yang dilakukan Winter dianggap mengesankan.

Pendiri Waves4Water, Jon Rose, kemudian menghubungi Winter dan menawarkannya untuk terlibat dalam kampanye Waves4Water untuk Indonesia. Ibu Winter, Mel, mengatakan keinginan putranya itu bermula dari sesuatu yang kecil dan alamiah.

"Dia mendapat keberanian untuk berbicara di sekolahnya, dan datang dengan ide untuk mengumpulkan dana, termasuk memberikan papan selancarnya. Itu timbul dari keinginannya sendiri," kata Mel.

Apa yang dilakukan Winter, mungkin tidak seberapa nilainya. Mungkin dia hanya satu dari sekian banyak orang, yang juga punya keinginan baik untuk membantu orang lain. Hanya saja, Winter lebih baik, karena dia telah mulai mewujudkan kebaikan hatinya dengan tindakan.


Post Date : 10 Desember 2014