Belasan TPS Liar di Ciliwung Belum Ditutup

Sumber:beritajakarta.com - 14 Juni 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Keberadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di bantaran kali kerap menghambat kelancaran aliran air. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor pemicu bencana banjir yang kerap melanda ibu kota. 

Seperti keberadaan TPS liar yang berada di sepanjang bantaran Kali Ciliwung di wilayah Jakarta Selatan. Hasil inventarisir yang dilakukan diketahui masih terdapat belasan TPS yang hingga kini belum ditutup.

"Setelah melakukan penyisiran, total ada 18 TPS yang kita temukan. Tapi, tujuh diantaranya sudah kami tutup dan 11 lagi belum ditutup," ujar Tri Wahyuning Diah, Asisten Walikota Jakarta Selatan Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Jumat (14/6).

Dikatakan Tri, penutupan TPS dilakukan secara bertahap. Dari 18 TPS yang ditemukan, tujuh diantaranya sudah kami tutup. Minggu ini kami targetkan empat TPS kami tutup. Keempatnya terdiri dari dua di Pejatentimur dan dua di Tanjungbarat," katanya. 

Hingga kini, kata Tri, pihaknya terus melakukan evaluasi secara berkala. "Kita komitmen setiap minggu dan bulan harus ada progres. Evaluasi yang berikutnya pada 23 Juni mendatang, apakah bisa lebih banyak TPS liar yang ditutup," ucap Tri.

Untuk itu, lanjut Tri, akan ada aksi yang berkesinambungan untuk bersih-bersih di Kali Ciliwung dengan melibatkan para pemerhati dan penggiat lingkungan hidup. "Itu sedang kita rancang dan buat jadwalnya dengan pecinta serta komunitas yang bergerak di lingkungan hidup. Rencananya, nanti akan rutin menyisir bantaran kali pada Sabtu dan Minggu secara bergantian," tandas Tri.



Post Date : 14 Juni 2013