Buku Putih Sanitasi Kota Malang

Penerbit:Malang: Bappeda Pemerintah Kota Malang, 2009; vi, 108 hal + tabel + gambar
No. Klasifikasi:363.725.983.573 BUK
Kata Kunci:Buku Putih Sanitasi, Kota Malang, AMPL, EHRA
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Buku Putih adalah sebuah dokumen produk dari anggota Pokja yang anggotanya terdiri dari beberapa instansi terkait dan LSM pemerhati lingkungan. Buku ini dijadikan acuan sebagai dasar penyusunan strategi sanitasi kota (SSK) yang merupakan strategi pembangunan sanitasi untuk program jangka menengah (3 s/d 5 tahun) dan dijadikan dasar bagi instansi dan pemangku kepentingan dalam menjalankan program sanitasi.

Buku Putih Sanitasi Kota Malang disusun dengan maksud untuk memberikan gambaran yang jelas dan faktual mengenai kondisi sanitasi dan perilaku masyarakat yang berkaitan dengan sanitasi di Kota Malang pada saat ini. Pemetaan kondisi dan profil sanitasi (sanitation mapping) dilakukan untuk menetapkan zona sanitasi prioritas yang penetapannya berdasarkan urutan potensi resiko kesehatan lingkungan (priority setting) dengan menggunakan data sekunder yang tersedia, hasil studi Penilaian Resiko Kesehatan Lingkungan (Environmental Health Risk Assessment) atau EHRA, dan persepsi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Malang yang menangani secara langsung pembangunan sektor sanitasi di Kota Malang.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam proses penyusunan buku ini adalah pembangunan kapasitas (capacity building) Pemerintah Kota beserta masyarakat pemangku kepentingan dalam mengidentifikasi, memetakan, menyusun rencana tindak dan menetapkan strategi pengembangan sanitasi kota. Di samping itu, pembentukan Pokja Sanitasi diharapkan dapat menjadi cikal bakal satu badan permanen yang akan menangani dan mengelola program pembangunan dan pengembangan sanitasi di tingkat kota.

 



Post Date : 09 Oktober 2012