Tahun Ini, Dana CSR Swasta di Bandung Disalurkan Tangani Sampah

Sumber:detik.com - 21 April 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Dalam membangun Bandung, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kerap berkolaborasi dengan pihak swasta melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR). Untuk tahun ini, dana CSR dan hibah difokuskan untuk dialirkan ke penanganan masalah sampah.

"Tahun ini tema CSR dan hibah, saya fokuskan ke sampah. Jadi kalau ada yang nawarin Pemkot mau dibantu apa, saya arahkan untuk penanganan sampah," ujar pria yang akrab disapa Emil tersebut di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Senin (21/4/2014).

Menurut Emil, pihaknya sudah memiliki rencana untuk mengatasi masalah sampah di Kota Bandung. Seperti satu RT satu biodigester, membentuk Tim Penyapu jalan, hingga membuat Tempat Pemungutan Sampah (TPS) tertutup. Sejumlah rencana tersebut akan memakan biaya yang cukup besar dan tidak mungkin semua tertutup dana APBD.

"Untuk biodigester, satu RT itu bisa Rp 10 juta, dikalikan jumlah RT di Bandung. Tidak mungkin dari APBD," kata dia.

Sambil menunggu dana hibah dan CSR, Pemkot Bandung saat ini sedang menyusun konsep pembangunan TPS terutup. Sebagai percontohan, TPS tertutup tersebut akan dibangun di TPS Sadangserang dan TPS Bungur.

"Konsepnya nanti dikasih dinding. Dindingnya itu diberi lukisan mural. Kalau ada orang yang mau berfoto di depan TPS itu, berarti berhasil," ujarnya.

Sementara itu, saat disingung mengenai proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), ia enggan berkomentar banyak. Pihaknya mengaku akan fokus kepada penanganan sampah dengan cara 3R (Reduse, Reuse, Resycle).

"Kita fokus ke 3R dulu. Nanti soal PLTSa kalau sudah waktunya akan diumumkan," tandasnya.


Post Date : 22 April 2014