Antisipasi Kelebihan Sampah, TPA Sumurbatu Diperluas

Sumber:beritabekasi.co - 14 Juni 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Untuk mengantisipasi kelebihan kapasitas daya tampung sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sumurbatu, Pemerintah Kota Bekasi, mempersiapkan perluasan zona V.

“Kami memprediksi zona V penampungan sampah akan “overload” pada Agustus 2014, sehingga perlu segera diperluas lahannya, “ kata Kepala Dinas Kebersihan Kota Bekasi, Junaedi.

Menurut dia, zona V yang ada saat ini memiliki luas 2,4 hektare resmi beroperasi sejak akhir 2012. Namun akibat sebagian sampah di zona darurat dilimpahkan ke zona V, maka kondisi lahan mulai dipenuhi sampah.

"Zona darurat memang sengaja kita buat selama proses pematangan lahan zona V berlangsung," katanya.

Menurut dia, perluasan tersebut juga mendesak dilakukan menyusul adanya rencana pemerintah meningkatkan kapasitas angkut sampah rumah tangga dengan menambah armada sampah.

"Saat ini, rata-rata sampah yang terangkut dengan 97 unit truk mencapai 3.000 kubik per hari dari total produksi 6.000 kubik per hari," katanya.

Ia mengatakan, rencananya pada Juni 2013 pemerintah akan menambah 47 unit armada baru pengangkut sampah sehingga diperkirakan sampah yang dibuang ke TPA Sumurbatu akan bertambah.

Menurutnya, perluasan lahan tersebut saat ini tengah memasuki tahap pembebasan lahan seluas 2,6 hektare di sekitar zona V Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang.

"Mudah-mudahan pembebasan lahannya rampung pada tahun ini agar 2014 tidak ada lagi kendala sampah menumpuk," katanya.

 



Post Date : 17 Juni 2013