Djokir Sebut 26% Penduduk Indonesia Masih Buang Air Besar Sembarangan

Sumber:detik.com - 24 Juni 2013
Kategori:Sanitasi

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto (Djokir) membuka acara Jambore Sanitasi 2013 di Hotel Mercure Ancol Jakarta hari ini (24/6/2013). Dalam pidatonya, ia kembali mengatakan masih banyak orang Indonesia yang buang air besar sembarangan.

"Menurut data dari UNICEF tahun 2011 sebanyak 26% penduduk Indonesia masih buang air besar di tempat terbuka," kata Djokir.

Selain membuang hajat, masyarakat Indonesia sering membuang sampah di tempat terbuka sehingga 76% air sungai di Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi tercemar limbah baik organik maupun logam berat. Konsekuesinya produksi air minum baku dari sungai menjadi mahal.

"76% sungai di Sumatera, Sulawesi dan Pulau Jawa, tercemar. Dari jumlah itu 53 sungai tercemar bahan organik dan 11 sungai tercemar logam berat. Air sungai utama inilah yang menjadi konsekuensi air minum sehingga produksi air minum menjadi mahal," tuturnya.

Djokir menuturkan penyediaan akses sanitasi dan air miinum di Indonesia masih minim dan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Akses sanitasi kepada masyarakat baru 55,6% dari target MDGs 2015 sebesar 62,41%. Target pelayanan akses air minum MDGs sebesar 68,8% sedangkan saat ini baru 55,5%

"Di bidang air minum, kita terus melakukan untuk meningkatkan akses di pedesaan atau Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat). Namun harus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak baik di tingkat daerah maupun masyarakat. Hal ini tergantung juga dari pola hidup dan perilaku hidup sehat tidak dimiliki masyarakat Indonesia. Masyarakat kita masih kurang peduli tentang kebersihan sanitasi," jelasnya.



Post Date : 24 Juni 2013