Risma Bangun 360 Zona Air Minum di Surabaya

Sumber:Tempo.co - 21 Mei 2014
Kategori:Air Minum
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan telah merancang pembangunan saluran air minum untuk 25 kecamatan di Kota Surabaya. Sebetulnya, Risma berharap 33 kecamatan bisa mendapatkan akses air minum. 

"Saya minta per kecamatan. Tapi PDAM mintanya 25 kecamatan dulu, nanti saya lihat perkembangannya. Tahun ini sudah dimulai," kata Risma di sela-sela acara Indowater Expo & Forum 2014 di Surabaya, Rabu, 21 Mei 2014. 

Akses air minum dirancang mampu dinikmati 30 kepala keluarga untuk setiap titik. Proyek dikerjakan bertahap dengan tahap awal berlokasi di daerah Surabaya timur. Pipa akses, kata Risma, akan diganti baru sehingga menjamin kehigienisan air agar siap minum. 

"Tiga puluh KK ada satu akses air minum, jadi lebih irit biaya. Kami bukan hanya beli alat, tapi bagaimana maintenance juga," ujarnya.

Direktur Utama PT Surya Sembada Surabaya Ashari Mardiono mengatakan rencana ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat yakni menyediakan akses air minum dan sanitasi bagi masyarakat hingga tahun 2019. Surabaya, kata Ashari, mengusung konsep zona-zona kecil dengan target 360 Domestic per Meter Area (DMA) di 33 kecamatan pada 2019. Pada saat ini, pihaknya sudah menyentuh 60 titik DMA se-Kota Surabaya.

Ashari mengatakan masih banyak menemukan kendala dalam penyediaan infrastruktur air siap minum, seperti keterbatasan alat dan lahan. 

"Kami sudah siap pendanaannya. Satu DMA dibutuhkan anggaran Rp 600-800 juta untuk meng-cover 1.500-3.000 pelanggan," katanya.


Post Date : 22 Mei 2014