Antusias, Lomba Pilah Sampah di Hari Kesehatan

Sumber:liputan6.com - 12 November 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Kesehatan lingkungan menjadi salah satu fokus perhatian untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Kasus kesehatan akibat buruknya kualitas lingkungan masih menjadi masalah. Lingkungan paling kecil yaitu keluarga.

Tidak hanya kaum dewasa yang disadarkan untuk lebih peduli, akan tetapi peran anak-anak kita hendaknya sudah kita pupuk sejak dini.

Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2014 tepat diperingati yang ke 50. Momentum emas untuk kembali berfokus untuk lebih baik dalam bidang kesehatan. Cita Sehat Foundation (CSF) member of RZ cabang Yogyakarta berupaya untuk ikut andil dalam agenda HKN ini.

Salah satu sasaran HKN ke-50 adalah kesehatan anak-anak. Pendidikan kesehatan lingkungan sejak dini coba ditanamkan dengan menggelar Lomba Pilah Sampah Anak Sehat. Lomba ini diikuti siswa-siswi SD Sabdodadi, Bantul kelas I-IV. Lomba ini merupakan lomba edukasi kesehatan lingkungan.

Dengan sarana keranjang dan bola-bola kecil bertuliskan nama-nama sampah, siswa-siswi antusias mengikuti lomba ini. Tujuan dan harapannya siswa-siswa SD Sabdodadi, Bantul mengetahui dengan benar jenis-jenis sampah yang ada disekitar mereka. Juga sadar bahwa memilah sampah dan membuang sampah sesuai jenis pada tempatnya adalah aksi sehat yang mudah mereka terapkan dirumah, sekolah dan lainnya.

“Saya sangat berterimakasih atas agenda kerjasama ini dengan Cita Sehat Foundation. Anak-anak sangat senang bisa mengikuti lomba edukasi pilah sampah, sehingga bisa belajar tentang jenis sampah dan juga lebih peduli dengan kesehatan lingkungan, ujar Kepala Sekolah Sd Sabdodadi, Bantul.”

Menjadi sehat itu mudah dan sederhana. Hanya dibutuhkan kesadaran dan partisipasi semua pihak untuk mewujudkannya. “Kami Cita Sehat Foundation berharap dari kegiatan sederhana ini dapat berandil untuk meningkatkan kesadaran anak-anak untuk hidup bersih dan sehat serta peduli lingkungan sejak dini dan menginspirasi lebih banyak anak-anak lainnya, tambah Wini Rizki, SKM Program Head Cita Sehat Foundation cabang Yogyakarta.”



Post Date : 12 November 2014