Draft Strategi Sanitasi Kabupaten Purbalingga

Penerbit:Purbalingga: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Purbalingga, 2010; 61 hal
No. Klasifikasi:363.725.983.303 DRA
Kata Kunci:Strategi Sanitasi, Kabupaten Purbalingga, MDGs, Air Limbah, Sampah
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Sanitasi yang tidak memadai atau kurang baik di Kabupaten Purbalingga berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan dan lingkungan hidup, seperti tingginya tingkat kematian bayi di daerah permukiman terutama untuk mencapai target MDGs tahun 2015.

Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) merupakan dokumen perencanaan yang dijadikan sebagai pedoman semua pihak dalam mengelola sanitasi secara komprehensif, berkelanjutan dan partisipatif untuk memperbaiki perencanaan dan pembangunan sanitasi dalam rangka mencapai target-target pencapaian layanan sektor sanitasi kota.  Untuk itu dipandang perlu menyusun SSK Tahun 2010-2012 sebagai langkah penting menuju pencapaian MDGs di Tahun 2015.

Kurangnya pengetahuan tentang bagaimana teknik pengolahan air limbah sesuai aturan teknik dan kesehatan dan diperkuat dengan budaya masyarakat yang salah tentang mengolah air limbah dengan baik dan benar dapat berakibat pada pencemaran badan air dan tanah dan menurunkan kualitas lingkungan. Sudah adanya Tupoksi SKPD yang sudah jelas dalam pengelolaan sampah. Sejauh ini wewenang dan tanggung jawab persampahan dijalankan oleh Bagian Kebersihan Dinas Pekerjaan Umum.Penanganan sampah yang dijalankan yaitu pengangkutan sampah yang dimulai dari TPS hingga TPA. Sedangkan pengangkutan sampah rumah tangga hingga TPS merupakan tanggung jawab masyarakat secara swadaya.

 



Post Date : 31 Oktober 2012