Kekeringan, 6 Kecamatan di Kendal Butuh Air Bersih

Sumber:liputan6.com - 26 Sept 2014
Kategori:Air Minum
Kemarau panjang membuat  sumur warga mengering,  di Kendal tercatat ada  empet belas desa yang terdiri dari enam kecamatan kekurangan air bersih. Dukuh yang mengalami kekeringan hanya bisa pasrah dan menggunakan air seadanya,  sehingga dia mengantungkan droping air bersih dari pemerintah setempat. 

Salah satu desa yang mendapat jatah air bersih,  dukuh Prongkol desa Pekuncen Kecamatan Pegandon Kendal,  jika suplai air dari pemerintah sudah habis,  mereka terpaksa menggunakan air limbah cucian.

Sudah satu minggu lebih sumber air warga,  berupa sumur bong,  sudah mengering. Meskipun kedalaman sumur mencapai 13 meter,  namun jika musim kemarau tiba,  sumur-sumur milik warga selalu kering. Sedangkan sumber air lain seperti sungai,  jaraknya sangat jauh dari pemukiman. Untuk aktifitas sehari-hari yang membutuhkan air,  mereka sangat menggantungkan bantuan dari pemerintah kabupaten Kendal.

Salah satu warga mengaku,  kekeringan merupakan bencana tahunan di dukuh Prongkol Desa Pekuncen Kecamatan pegandon. JIka musim kemarau tiba,  keadaannya selalu sama. usaha warga untuk memperdalam sumur mereka,  juga sia-sia. sedangkan untuk membeli air,  dirasa sangat memberatkan,  karena sebagian besar penduduk di dukuh tersebut merupakan warga tidak mampu.

begitu bantuan air dari bpbd pemerintah kabupaten kendal tiba di lokasi,  langsung menjadi rebutan warga. mereka berbondong-bondong membawa ember dan sejumlah tempat penampung lain. bantuan air ini setidaknya dapat membantu mereka selama beberapa hari.

sementara itu,  kasi kedaruratan dan kesiapsiagaan bpbd kabupaten kendal,  slamet mengungkapkan,  "Dukuh Prongkol merupakan satu dari tiga dukuh,  di desa Pekuncen Kecamatan Pegandon,  yang membutuhkan bantuan air. Selain kecamatan Pegandon,  ada 5 kecamatan lain yang meminta bantuan air dari BPBD. Diantaranya Ringinarum,  Gemuh,  Patean,  Ccepiring,  dang Brangsong. bantuan air dilakukan secara bergilirang di 6 kecamatan tersebut.

Enam kecamatan yang mengalami kekeringan antara lain kecamatan  Ringinarum, Gemuh, Patean, Pegandon,  Cepiring dan Brangsong.  

Dari data BPBD kabupaten Kendal,  tidak semua kawasan dari 6 kecamatan tersebut mengalami kekeringan. Hanya ada 14 desa,  yang membutuhkan bantuan air secara rutin. 14 desa tersebut terdiri dari 17 ribu 532 jiwa,  yang terancam kekurangan air.


Post Date : 29 September 2014