Manajemen Pengendalian Kehilangan Air

Pengarang:Winarni
Penerbit:Jakarta:Universitas Trisakti, Februari 2012; xiv, 176 hal + tabel + gambar
No. Klasifikasi:363.61 Win m
Kata Kunci:Manajemen, Kehilangan Air, SPAM
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus tersedia setiap saat. Dengan air semua mahluk dapat bertahan hidup.  Begitu juga manusia sangat memerlukan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.  Salah satu upaya yang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan air yaitu dengan menggunakan air dari sistem penyediaan air minum (SPAM). Dalam hal ini ketersediaan air baku secara menyeluruh mulai dari sumber, produksi, distribusi dan sampai di masyarakat dikelola oleh SPAM sehingga kualitas, kuantitas dan kontinuitas diterimanya air oleh masyarakat menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Pada kenyataannya kehilangan air tidak bisa dihindari, hal ini terjadi pada semua SPAM dengan volume kehilangan yang bervariasi tergantung pada karakteristik jaringan pipa, kondisi daerah setempat, praktek operasional serta tingkat teknologi dan keahlian yang diaplikasikan oleh pengelola SPAM dalam mengendalikan kehilangan air.

Besarnya volume air yang hilang mengindikasikan adanya perencanaan dan konstruksi yang kurang efektif serta kurangnya pemeliharaan yang berpengaruh pada kontinuitas penerimaan air oleh masyarakat menjadi berkurang dan menyebabkan kerugian secara materi bagi pengelola SPAM . Untuk itu diperlukan deteksi, pengendalian dan kebijakan yang terkait dengan kehilangan air.

Buku managemen pengendalian kehilangan air ini menyatukan berbagai penelitian dan publikasi yang menelusuri pemodelan komponen kehilangan air, perkembangan perhitungan kehilangan air dan ditetapkannya indeks kebocoran infrastruktur sebagai sebagai indikator kehilangan air. Diharapkan buku ini berguna bagi para praktisi dibidang distribusi air minum khususnya bidang kehilangan air, para pengelola SPAM, para mahasiswa dan masyarakat yang berkehendak meningkatkan pemahaman dan keahlian mengendalikan kehilangan air. 

 



Post Date : 11 Januari 2013