Banjir di Balikpapan Kian Parah

Sumber:Jurnal Nasional - 13 Agustus 2013
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
PENGUPASAN lahan yang marak di Balikpapan ditengarai sebagai penyebab utama kian parahnya banjir di kota minyak tersebut.

"Ada beberapa kawasan terjadi pengupasan lahan yang tanpa ijin, atau mungkin berijin tetapi tidak mematuhi ketentuan seperti yang ditentukan Badan Ligkungan Hidup. Contohnya yang terjadi di Sepinggan yang masuk ke perumahan korpri yang pasirnya sampai menguap ke jalan,' ujar Kepala Bagian Humas dan Protokoler kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana, kepada Jurnal Nasional, Senin (12/8)

Karenanya, lanjut Sudirman, Pemkot Balikpapan kini akan mengetatkan pemberian ijin untuk galian C atau juga pengupasan lahan. "Kalau yang berijin tetntu ada kententuan, yang tidak berijin itu mereka kucing-kucingan. Misalnya mereka mengupas dengan menata yang baik, menyediakan penyaluran air," urainya.

Dia menambahkan, Pemkot akan memberikan sanksi tegas bagi pengembang atau perusahaan yang melanggar ketentuan pengupasan lahan. "Kita akan evaluasi semua, mungkin saja juga ada pegembang yang diberikan ijin (mengupas lahan) tapi menyalahi ketentuan, sudah pasti ijinnya akan kita cabut," pungkasnya. Teddy Rumengan


Post Date : 13 Agustus 2013