Bank sampah berbasis masyarakat akan ditambah

Sumber:antaranews.com - 12 April 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta akan terus menginisiasi pembentukan bank sampah berbasis masyarakat, sehingga jumlah dan persebarannya di masyarakat bisa terus ditambah.

"Saat ini, jumlah bank sampah di masyarakat tercatat sebanyak 60 unit dan akan ditambah 10 unit lagi pada tahun ini," kata Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Lingkungan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta Ika Rostika di Yogyakarta, Kamis.

Pembentukan bank sampah berbasis masyarakat tersebut didasarkan pada kebutuhan wilayah, sehingga masyarakat yang memerlukan bank sampah bisa mengajukan proposal pembentukan.

Nantinya, bank sampah yang baru terbentuk akan memperoleh bantuan dari BLH Kota Yogyakarta, seperti peralatan termasuk bantuan pelatihan keterampilan untuk mengubah sampah menjadi barang yang memiliki nilai jual.

"Pekan depan, kami akan mengundang pelatih profesional untuk membuat kreasi sampah," ucapnya.

Saat ini, 60 bank sampah yang sudah ada tersebar di 42 kelurahan sehingga dengan tambahan 10 bank sampah pada 2013 diharapkan seluruh kelurahan di Kota Yogyakarta sudah memiliki bank sampah.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan BLH Kota Yogyakarta Irfan Susilo mengatakan, pengelolaan sampah dilakukan dengan pembersihan dan pengangkutan sampah, namun juga perlu didukung pengelolaan sampah dari rumah tangga, yaitu pemilahan sampah.

"Masih ada masyarakat yang tidak taat membuang sampah dengan membuang sampah di lokasi yang dilarang. Kami sudah memasang spanduk larangan di lokasi-lokasi tempat pembuangan sampah liar," tuturnya.

BLH, lanjut dia, akan mengevaluasi pemasangan spanduk larangan tersebut. "Jika masih membandel, maka kami akan bekerja sama dengan Dinas Ketertiban untuk melakukan operasi proyustisia," tukasnya.

Post Date : 12 April 2013