Bengkulu jajaki pengelolaan sampah jadi listrik

Sumber:kontan.co.id - 30 Sept 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Pemerintah Kota Bengkulu, melakukan penjajakan dan menindaklanjuti hasil riset yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam hal penggunaan gas metan menjadi energi listrik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 

Riset sebelumnya telah dilakukan bersama Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bengkulu di TPA, Air Sebakul, Kota Bengkulu.

"LIPI telah melakukan riset terhadap TPA Air Sebakul yang mampu menghasilkan gas metan untuk digunakan sebagai energi listrik, hasil riset itu direncanakan akan dimanfaatkan oleh Pemkot Bengkulu," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bengkulu, Iskandar, ZO, Selasa (30/9/2014). 

Iskandar mengatakan, Pemkot Bengkulu akan menganggarkan dana kerjasama dan pembuatan instalasi listrik tersebut dalam APBD. Dia menjelaskan, hasil riset BLH dan LIPI menemukan terdapat 30.000 watt listrik yang terkandung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Air Sebakul, Kota Bengkulu. 

Kandungan energi listrik itu dapat digunakan selama 30 tahun. Kandungan tersebut dihitung berdasarkan luasan lahan dan jumlah tutupan sampah di lokasi TPA selama beberapa tahun dengan memanfaatkan gas metan sebagai bahan dasar pengganti solar untuk menghasilkan energi listrik. 

Pemanfaatan gas metan dari hasil sampah di TPA, menurut dia, dapat mengurangi pelepasan gas karbon. 

Selain itu, kata dia, teknologi itu akan dapat mengurangi efek rumah kaca yang menjadi ancaman bagi bumi. Investasi energi di bidang ini pun, menurut Iskandar, tak membutuhkan biaya tinggi, hanya sekitar Rp 1,6 miliar, dan bekerjasama dengan LIPI. 

Selain memanfaatkan gas metan dari hasil tumpukan sampah di TPA, Bengkulu juga merencanakan pemanfaatan energi alternatif yang dihasilkan dari tinja dan kotoran sapi. "Ini merupakan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Bengkulu," kata Iskandar.

Sebelumnya, LIPI dan BLH provinsi juga telah melakukan beberapa riset lain dalam hal mencari energi alternatif termasuk berbahan baku tinja.


Post Date : 01 Oktober 2014