Diharapkan Mampu Jadi Agen Perubahan Sanitasi

Sumber:media.hariantabengan.com - 14 Mei 2013
Kategori:Sanitasi

Tidak hanya sampai disitu saja, mereka diharapkan juga bisa mengedukasi masyarakat lingkungan sekitar, setelah itu berkembang yang ke arah yang lebih luas, entah itu tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi agen perubahan tingkat Nasional.

Hal tersebut diungkapkan Ny Carolina Kaluko dari Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) sebelum penyampaian materi di kegiatan Jambore Sanitasi Kalteng 2013 yang diselenggarakan 13-16 Mei 2013 di Grand Hall Luwansa Hotel Palangka Raya, Senin (13/5) sore.

Carolina dalam kesempatan itu didampingi Ny Ati Mahendra Siregar, menyampaikan materi Gerakan Indonesia Berseri dan penyampaian tentang pelaksanaan Jambore Sanitasi 2013.

Dikemukakan, dalam kegiatan Jambore Sanitasi 2013 ini, SIKIB sejak awal sudah ada kerja sama MOU dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

“Dan untuk tahun ini bukan sekedar terlibat dalam penjurian, tetapi untuk kegiatan lainnya yang sifatnya untuk memotivasi masyarakat, bahkan bukan sekedar anak-anak,” katanya.

Menurut Carolina, tahun ini SIKIB memprakarsai kegiatan Perempuan Dukung Gerakan Indonesia Berseri (Bersih, Sehat, Ramah Lingkungan, Rapi dan Indah) yang  dicanangkan Presiden SBY tahun 2012, dengan mengajak Organisasi Perempuan, seperti Kowani, Dharma Wanita, Dharma Pertiwi, Bhayangkari dan lainnya.

Kepada anak-anak peserta Jambore Sanitasi, SIKIB memasang ekspetasi yang cukup tinggi terhadap mereka, antusiasme mereka mengikuti paparan, mereka sangat antusias.

“Kami percaya, mereka akan mampu dan dapat menjadi agen perubahan, paling tidak dilingkungan mereka sendiri. Kita semua berharap, berkembang akan lebih luas lagi,” ungkapnya lagi.

Sementara itu, Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dijadwalkan akan membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Jambore Sanitasi Kalteng 2013 bertempat di J’s Kitchen & Lounge Lantai II Kalawa Waterpark, Selasa (14/5) pagi ini.

Menurut Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (P2LP) Dinas PU Kalteng, Ir Irbar P Senabua MT, Jambore Sanitasi Kalteng 2013 diikuti peserta dari 11 Kabupaten/Kota di Kalteng.

Menurut Irbar, kegiatan jambore sanitasi yang dikembangkan untuk mempercepat pencapaian sasaran MDGs 2015, seluruh rangkaian kegiatan yakni lomba karya tulis dan poster dilaksanakan di Luwansa Hotel Jalan G Obos Palangka Raya.

Tema kegiatan yakni Bersama Kita Peduli Sanitasi dan Air Minum dengan sub tema Persampahan: Ayo Lakukan 3R (reduce-reuse-recyle); Kemudian Air Limbah: MCK Sehat, Kita Sehat; Drainase: Ayo Kita Jaga, Simpan dan Alirkan Air.

Pemenang I,II, dan III dari masing-masing lomba akan diikutkan pada Jambore Sanitasi di Jakarta yang dijadwalkan berlangsung Juni 2013 nanti.

 



Post Date : 14 Mei 2013