Pemprov DKI Akan Beli 10 Kapal Pengangkut Sampah

Sumber:beritsatu.com - 27 Mei 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Dalam rangka mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Kepulauan Seribu, Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan membeli sebanyak 10 kapal pengeruk dan pengangkut sampah.

Saat ini, Dinas Kebersihan sudah punya empat kapal pengeruk dan pengangkut sampah. Yakni, satu kapal ada di Pulau Seribu, dan tiga di bagian pesisir. Tetapi keempat armada kapal tersebut belum memadai untuk membersihkan sampah yang ada di kawasan pantai Pulau Seribu.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin mengatakan 10 kapal tersebut akan dimanfaatkan secara khusus untuk membersihkan seluruh sampah yang ada di Kepulauan Seribu.

Adapun kapal-kapal yang akan dibeli tersebut terdiri atas kapal kargo atau kapal pengeruk sekaligus pengangkut sampah, serta kapal patroli sampah.

"Kami mengharapkan dengan adanya 10 kapal pembersih, pengangkut dan patroli sampah, maka dapat dilakukan pembersihan dan pengangkutan sampah secara rutin dan menyeluruh," kata Unu di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (27/5).

Tidak hanya itu, keberadaan kapal-kapal tersebut dapat membuat proses pembersihan tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi menggunakan mesin. Sehingga proses pembersihan dan pengangkutan sampah lebih cepat dan mudah. Sampah yang telah diangkut selanjutnya akan ditampung di suatu tempat khusus atau palka, kemudian baru kemudian dibawa ke darat.

Sedangkan kapal patroli akan digunakan untuk berkeliling menyisir lokasi-lokasi yang banyak sampah. Termasuk menyisir tempat kapal-kapal atau perahu-perahu bersandar, karena di bagian bawahnya, biasanya ada banyak sampah. Kondisi ini mengakibatkan jangkar tersangkut dan kapal jadi tidak bisa bergerak.

"Kami akan adakan secepatnya 10 kapal ini. Tapi memang proses pengadaan kapal-kapal tersebut tidak dapat dilakukan secara singkat dan sekaligus. Seperti dalam waktu satu atau dua bulan misalnya, akan tetapi secara bertahap," ujarnya.

Kepala Unit Pelaksana Kebersihan Pesisir dan Pantai Budhi Karya Irwanto mengatakan saat ini Dinsih DKI hanya memiliki empat kapal, salah satunya merupakan kapal kargo. Sayangnya, kapal kargo tersebut dalam kondisi rusak. Karena itu, pihaknya akan segera memperbaiki kapal kargo itu.

"Selain itu, untuk membersihkan sampah di air laut, Dinsih DKI akan membuat jebakan sampah. Nantinya setelah sampah terkumpul, akan diangkut sekaligus dengan kapal untuk dibawa ke daratan," paparnya.

 



Post Date : 28 Mei 2013