Bentala, edisi Perdana November 2013 " Ayo Hijaukan Bumi!

Pengarang:Redaksi Bentala
Penerbit:Jakarta : Tirta Investama, Departemen Corporate Communication, 2013
Halaman:27 hal ; 25 cm
No. Klasifikasi:363.720.5 Ben a
Kata Kunci:Melestarikan Bumi. Mengelola Sampah, Sampah Organik
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL No Telp.(021) 31904113
Kategori:Majalah

Terinspirasi dari bumi yang hijau, subur dan asri, nama Bentala kemudian terlahir.Dalam edisi perdana ini Bentala menghadirkan rubrik-rubrik dengan ide segar untuk tetap berkomitmen melestarikan bumi.

Tiga konsep utama dalam manajemen pengelolaan sampah, yaitu :  reduce ( mengurangi segala sesuatu yang bisa menimbulkan sampah), reuse (menggunakan kembali sampah yang masih dapat dipakai untuk fungsi yang sama atau fungsi lain), recycle (mendaur ulang sampah menjadi produk baru yang bermanfaat). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan swastanisasi jasa pengelolaan sampah bisa meningkat hingga 60% pada pertengahan 2011, walaupun tahun 2011 pengelolaan oleh swasta baru mencapai 40%.

Sampah Organik bisa diolah menjadi kompos untuk tanaman. Volume sampah di TPA akan berkurang jika tiap-tiap rumah tangga mengolah sampah organik menjadi pupuk. Karena 70% dari sampah rumah tangga adalah sampah organik dan 30% adalah sampah nonorganik. Sedangkan sampah nonorganik , bisa diolah menjadi produk-produk hasil kerajinan tangan seperti : tas, dompet, tikar, furnitur , dll. Daur ulang sampah-sampah nonorganik menjadi produk baru yang dapat mengurangi sampah nasional sampai 7% per tahun.

Yuk, diet kantong plastik! Yaitu membawa kantong belanja sendiri ketika berbelanja. Kenapa? Karena #Plastik Tak Asik



Post Date : 08 Januari 2014