Pemkot Bekasi Targetkan 120 Bank Sampah

Sumber:bisnis.com - 14 Agustus 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Pemerintah Kota Bekasi menargetkan pembentukan 120 bank sampah pada 2014 guna mengurangi debit sampah di wilayah kota.

Kepala Bidang Pendataan dan Pengembangan Dinas Kebersihan Pemkot Bekasi, Ratim, mengatakan 120 bank sampah tersebut akan tersebar di seluruh kecamatan. Menurutnya, hingga saat ini sudah ada 81 bank sampah yang telah terealisasi.

"Dari 81 bank sampah yang terealisasi, sebanyak 56 kelompok sudah mandiri," katanya, Kamis (14/8).

Dia menuturkan keberadaan bank sampah diharapkan mendorong inisiatif warga masyarakat untuk dapat memilah sendiri sampah yang memiliki nilai ekonomis, seperti plastik bekas, kardus, kaleng dan jenis sampah lain yang dapat didaur ulang menjadi pupuk organik.

Sementara itu, Ratim menuturkan pada tahun ini pihaknya juga akan memberikan bantuan khusus sarana dan prasaran bagi 56 bank sampah. Bantuan tersebut, ungkapnya, telah diaalokasikan melalui anggaran 2014.

Dia merincikan bantuan itu berupa sarana dan prasarana untuk bank sampah dan bagi kecamatan yang berbatasan dengan DKI diberikan  bantuan berupa bibit pohon, mesin pencacah, dan baktor.

"Selain itu, direncanakan akan mendapat bantuan truk sampah," ungkapnya.

Menurut dia, bantuan tersebut disalurkan sebab selama ini seluruh bank sampah di Kota Bekasi terbukti dapat mengurangi debit sampah.

Diaa mencontohkan bank sampah di RW 02, Kelurahan Bintara Jaya, Kota Bekasi yang dalam sebulan bank sampah ini dapat memperoleh pendapatan Rp3 juta.

"Mereka bahkan targetkan hingga Rp8 juta."

Keberadaan bank sampah ditengah kota, sambung Ratim, diharapkan mampu menjadi solusi persampahan yang pada akhirnya dapat mengurangi beban TPA (tempat pengelolaan akhir) Sumur Batu.


Post Date : 19 Agustus 2014