Standard Toilet Umum Indonesia "Kering itu Sehat"

Penerbit:Jakarta: Trend-Lines, Inias Resources Center, Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata, 2004
Halaman:40 hal + tabel + gambar; 21 cm
No. Klasifikasi:363.72 Kem
Kata Kunci:Toilet, Kering dan sehat, Booklet, Kran, Wastafel, WC
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Leaflet

 

Tidak banyak yang menyadari bahwa terdapat makna simbolik dari sebuah bangunan toilet umum. Toilet umum tak hanya berarti tempat membuang hajat bagi manusia, tetapi sudah menyangkut berbagai aspek. Kalimat diatas merupakan penggalan kata sambutan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia I Gede Ardika dalam “Standard Toilet Umum Indonesia”.

Toilet merupakan sebuah ruangan yang dirancang khusus lengkap dengan kloset, persediaan air dan perlengkapan lain yang bersih, aman dan higienis dimana masyarakat ditempat-tempat domestik, komersial maupun publik dapat membuang hajat serta memenuhi kebutuhan fisik, social dan psikologis lainnya.

Untuk itulah booklet ini diterbitkan agar masyarakat mengetahui standard dalam pembuatan toilet khususnya toilet umum.  Disini dijelaskan berberbagai hal terkait dengan toilet umum diantaranya yaitu ketentuan umum tentang toilet umum, peruntukan dan kegunaannya serta kelengkapan ruang.  Tidak tertinggal pula membahas tentang persyaratan ruang yang terdiri dari besaran ruang, sirkulasi udara, pencahayaan, konstruksi bangunan, estetika, serta tata ruang dan lingkungan



Post Date : 25 Maret 2013