Tingkatkan Kualitas Air bersih, Jepang bantu PDAM Tirtanadi

Sumber:dnaberita.com - 19 Mei 2014
Kategori:Air Minum
MEDAN | DNA - Untuk kesekian kalinya sebagai tindak lanjut dari program kerjasama Twinning yang telah disepakati bersama, Toyohashi Waterworks and Suwarage, Jepang kembali mengunjungi PDAM Tirtanadi dari tanggal 12 – 17 Mei 2014, kemarin.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk memantau dan mengevaluasi implementasi hasil pelatihan beberapa Pegawai PDAM Tirtanadi yang sebelumnya telah memperoleh pelatihan di Toyohashi Waterworks and Suwarage, Nagoya, Jepang, demikian dikatakan Direktur Teknik Toyohashi Waterworks and Suwarage, Mr. KAZUNORI ASAKAWA didampingi oleh Prof. HOMMA yang merupakan Dosen Biologi di USU dari Toyohashi, Jepang dan Mr. OIKI sebagai Staff Teknik Pengolahan Air di Toyohashi Waterworks Suwarage, Nagoya, Jepang.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya beberapa Pegawai PDAM Tirtanadi yaitu : Ka. IPA. Sunggal Ir. Mawardi, Kabag. Perawatan ME IPA. Limau Manis Andarianto, ST, Kabag. Pengawasan IPA. Limau Manis Fauzan, ST dan Kabag. Produksi dan Jaringan Perpipaan IPA. Sibolangit Muhammad Arif Siregar, ST berangkat ke Toyohashi Jepang untuk mengikuti pelatihan penggunaan bahan kimia untuk meningkatkan kualitas air bersih.

Sebelum melakukan peninjauan lapangan, rombongan dari Toyohashi Waterworks and Suwarage, Nagoya, Jepang beramah tamah dengan Direksi PDAM Tirtanadi di Ruang Rapat Direksi Lantai II Kantor Pusat PDAM Tirtanadi Jl. SM Raja No. 1 Medan).

Rombongan diterima oleh ketiga Direksi PDAM Tirtanadi yaitu Direktur Perencana dan Produksi Ir. H. Tamsil Lubis, Direktur Administrasi dan Keuangan H. Ahmad Thamrin, SE, M.Psi, Direktur Operasi Mangindang Ritonga, SE, MM didampingi Kadiv. PLT Ir. Delviyandri, M.Psi, Tenaga Ahli Direksi Bidang Kerjasama Jepang Mr. Umeda, Kabid. Publikasi & Komunikasi Jumirin, SE, MSi dan keempat pegawai yang telah mengikuti pelatihan di Toyohashi, Jepang.

Pada kesempatan itu, Direktur Perencana dan Produksi Ir.H. Tamsil Lubis mengucapkan terima kasih atas bantuan pelatihan yang diberikan oleh Toyohashi Waterworks and Suwarage kepada PDAM Tirtanadi untuk meningkatkan kualitas air yang di produksi oleh PDAM Tirtanadi secara efektif dan efisien. Ir.H. Tamsil Lubis juga mengatakan akan melanjutkan mengirim Pegawai PDAM Tirtanadi untuk mengikuti pelatihan ini dan diharapkan nantinya mereka dapat menerapkan pelatihan yang didapatkan di unit kerja masing masing sehingga keluhan pelangga tentang kualitas air dapat diminimalisir bahkan tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan proyek percontohan air siap minum yang saat ini sudah ada seperti di kompleks perumahan Malibu.

Selama 5 hari rombongan dari Toyohashi Waterworks and Suwarage, Nagoya, Jepang melakukan penelitian di IPA Sunggal yang meliputi penelitian tentang penggunaan sodium Hypochloride sebagai pengganti Gas Chlorine dan rencana penggunaan media Filter Antrasit untuk meningkatkan kinerja filter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan penggunaan bahan kimia terhadap peningkatan kualitas air olahan IPA. Sunggal.

Hasil penelitian ini nantinya akan diusulkan oleh Toyohashi Waterworks and Suwarage, kepada Pemerintah Kota Toyohashi Jepang untuk memberikan bantuan kepada PDAM Tirtanadi dalam upaya peningkatan kualitas air yang dikelola PDAM Tirtanadi.(dna|ams)


Post Date : 20 Mei 2014