Buletin Cipta Karya , edisi 3/Tahun XI/Maret 2013 " Benahi Kronis di Ujung MDGs"

Pengarang:Redaksi Buletin Cipta Karya
Penerbit:Jakarta : Kementerian Pekerjaan Umum, 2013
Halaman:34 hal ; 28 cm
No. Klasifikasi:363.610.5 Cip b
Kata Kunci:Buletin Cipta Karya, MDGs
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Majalah

Upaya  memenuhi target Millenium Development Goals (MDGs) di tahun 2015 untuk pelayanan air minum bagi 68,87% penduduk Indonesia masih memerlukan kerja keras dikarenakan sampai saat ini baru 55% masyarakat yang sudah mendapatkannya.  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang selama ini sebagai penyedia akses air minum masih dihadapkan pada berbagai masalah. Pengembangan usaha dan perluasan pelayanan masih terganjal restu pimpinan daerah untuk menyesuaikan tarif, belum lagi banyaknya kebocoran pipa yang mengakibatkan air tidak sampai ke konsumen dan permasalahan lain yang perlu untuk segera ditangani.

Liputan khusus kali ini menyajikan water Korea exhibition and conference dimana Indonesia mempromosikan diri untuk kerjasama dalam penyediaan air minum.  Selain Indonesia acara ini dihadiri pula delegasi dari  Thailand, Vietnam, Qatar dan para akademisi dari Australia, Filipina, India dan Pengusaha dari Korea.  Pemerintah China mempunyai strategi program penghematan air, pengendalian pencemaran dan pengembangan beberapa sumber daya air dengan menerapkan sistem manajemen three red lines sumber daya air.

Di bagian lain dipaparkan aksi masyarakat dalam menyelamatkan sungai Ciliwung yang mendapat dukungan dari Kementrian Pekerjaan Umum, proses  pencacahan sampah sebagai solusi penanganan sampah Kota Jakarta, penanggulangan banjir pada skala bangunan gedung dan kerja sama Indonesia dengan Jerman dan Hungaria terkait dengan persampahan di lima kota dan pengelolaan air minum. 



Post Date : 25 April 2014